Selasa 03 September 2019, 11:22 WIB

Irjen Pol Firli Bahuri Optimistis Lolos Lima Besar Capim KPK

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Irjen Pol Firli Bahuri Optimistis Lolos Lima Besar Capim KPK

Medcom
Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri

 

TIDAK lama lagi Indonesia akan memiliki Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru. Pada Senin (2/9),  tim panitia seleks) calon pimpinan KPK telah memberikan 10 nama kepada Presiden Joko Widodo yang selanjutnya akan diserahkan kepada DPR RI untuk dipilih menjadi lima nama komisioner KPK. 

Dengan semakin mengerucutnya 10 nama dari 20 calon pimpinan (capim) KPK, para calon capim ada yang optimistis dan ada pula pesimistis. Salah satu capim KPK yang optimistis bakal terpilih dalam lima bursa pimpinan KPK adalah Irjen Pol Firli Bahuri. 

Kepada wartawan di Jakarta, Selasa (3/8), Firli merasa yakin dengan alasan dirinya bukanlah orang baru di lembaga antirasyuah Indonesia tersebut. Dia pernah menjadi Deputi Penindakan di KPK sebelum menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan saat ini.

Meski namanya mendapatkan sorotan luas, Firli merasa optimistis namanya akan masuk dalam jajaran komisioner KPK tersebut. Kapolda Sumsel ini mengatakan, di tangannya, KPK akan menjadi leader section dalam pemberantasan korupsi di Tanah Air.

“KPK perlu melakukan upaya mitigasi untuk menjadikannya leader section dalam pemberantasan korupsi.  KPK juga harus menjadi konsultan mitra dengan pemerintah,” terang Firli.

Menurut Firli, upaya pemberantasan korupsi memang tengah berjalan, namun fakta empiris menunjukkan bahwa sampai sekarang upaya upaya tersebut dinilai masih belum efektif.

“Jumlah tersangka korupsi dari 2015 ingga 2018 memang terus meningkat. Pun demikian dengan tindak pidana korupsi itu sendiri yang kebanyakan berdimensi politik,” papar Firli kepada awak media.

Firli menegaskan, solusi inovatif pemberantasan korupsi sangat diperlukan KPK saat ini. Ia mengaku punya lima solusi yang mumpuni untuk menjadikan KPK benar benar menjadi leader section dalam pemberantasan korupsi.

“Solusi-solusi ini diberikan berdasarkan faktor yang berpengaruh terhadap lahirnya korupsi. Dari mensejahterakan dan memberikan pendidikan anti korupsi kepada masyarakat, beri efek jera kepada koruptor hingga pembentukan perwakilan di seluruh provinsi Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu, secara terpisah, di tengah adanya resistensi capim KPK dari kepolisian, anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Eddy Kusumawijaya, mengatakan perwira tinggi Polri yang lolos 10 besar Calon Pimpinan KPK yakni Firli Bahuri  merupakan salah satu Perwira terbaik.

Edy mengatakan Firli telah melalui proses tahapan Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) sehingga lolos menjadi Jenderal dan meraih jabatan strategis. “Dengan begitu, Pak Firli dianggap layak menjabat sebagai Pimpinan KPK periode mendatang,” ujarnya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More