Selasa 03 September 2019, 06:20 WIB

Cekungan Km 91 Sulitkan Pengemudi

Reza Sunarya | Nusantara
Cekungan Km 91 Sulitkan Pengemudi

MI/Reza Sunarya
Petugas mengevakuasi salah satu kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan maut di Tol Purbaleunyi ruas Cipularang Km 89 hingga Km 91 .

 

KEMENTERIAN Perhubungan menurunkan personel untuk mengidentifikasi lokasi kecelakaan, terutama soal kondisi jalan dan rambu lalu lintas, terkait dengan kecelakaan beruntun di Km 89 hingga Km 91 Tol Purbaleunyi arah ­Jakarta, kemarin.

“Hasil dari identifikasi awal itu akan ditindaklanjuti dengan kajian agar kecelakaan maut itu tidak terjadi lagi, meng­ingat banyak kecelakaan yang terjadi di ruas tol tersebut,” ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi ­Setiyadi di Jakarta, kemarin.

Dia menambahkan bahwa turunan dan cekungan di kawasan tersebut menjadi faktor yang menyulitkan pengendara mengendalikan laju kendaraan dan bisa berakibat kecelakaan.

Sementara itu, Tim Bidokes Polda Jawa Barat masih berusaha mengidentifikasi jenazah korban kecelakaan maut tersebut. Dari delapan ­jenazah, tiga sudah diidentifikasi, yaitu Iwan (warga Tanggulun, Tangerang), Endi Budianto, dan Dedi Hidayat.

Adapun 24 korban luka berat dan ringan masih menjalani perawatan di tiga rumah ­sakit (RS), yaitu RS Thamrin, RS Siloam, dan RS Bayu Asih di Purwakarta.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan penyebab kecelakaan masih didalami dari hasil traffic accident analysis (TAA).

“Tidak boleh buru-buru, harus dari TAA dulu. Dengan analisis dan proses pembuktian secara ilmiah, baru ­diketahui penyebab kecelakaan, apakah penyebab tunggal atau ada penyebab lain,” kata Dedi.

Keprihatinan atas kecelakaan itu ikut disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga meminta pengguna tol untuk selalu berhati-hati dan mengikuti aturan lalu lintas.

“Patuhilah betul-betul per-aturan dari sisi jarak dan kecepatan,” ujarnya.

 

Beruntun

Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi menyebut kecelakaan beruntun terjadi kemarin pukul 13.00 WIB di Km 91 arah ke Jakarta dengan melibatkan 21 kendaraan, termasuk dua dump truck. Sebagian di antara kendaraan itu hangus terbakar.

Kecelakaan tersebut juga menyebabkan kemacetan sepanjang 8-9 kilometer. (RZ/BY/Fer/Pra/Ant/X-11)

Baca Juga

Antara

Tempat Penjual Daging Ilegal di Labuanbajo Disegel

👤John Lewar 🕔Jumat 29 Mei 2020, 18:05 WIB
DINAS Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur,di Labuanbajo menyegel beberapa lokasi...
Antara

Khofifah Minta Risma Sinergi Tanggani Covid-19 di Surabaya

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:55 WIB
GUBERNUR Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta Wali Kota Surabaya Risma, untuk saling sinergi guna menekan angka jumlah positif...
MI/Ramdani

Sumsel Alihkan Anggaran Untuk Insentif Nakes Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 29 Mei 2020, 17:35 WIB
PEMPROV Sumsel memangkas anggaran untuk dialihkan sebagai insentif tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang berada di garda terdepan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya