Senin 02 September 2019, 14:31 WIB

Edukasi Penggemar Musik Soal Sampah

Adiyanto | Humaniora
Edukasi Penggemar Musik Soal Sampah

Dok MI/ROMMY PUJIANTO
Andy Rif

 

RESTU Triandy alias Andy Rif, vokalis grup band /Rif, mengaku sangat peduli soal sampah. Dia bersama band-nya sering mengajak penonton untuk mengmpulkan sampah tiap kali seusai manggung.

"Kami sudah mulai sejak lima tahun silam saat tampil di Soundrenaline. Bahkan, kami meminta penonton melemparkan botol-botol plastik ke atas panggung di lagu terakhir. Lalu kami yang kumpulkan botol-botol tersebut," ujar Andy, saat dihubungi, Senin (2/9).

Dengan aksi tersebut, kata Andy, dia dan rekan-rekan di band-nya ingin mengedukasi masyarakat, khususnya penggemar musik, untuk ikut menjaga lingkungan.

Untuk diketahui, berdasarkan investigasi BBC seperti dicuplik World Economic Forum, Jumat (30/8) tentang dampak festival musik terhadap lingkungan mennyebutkan, pengurangan limbah kini menjadi tantangan utama bagi penyelenggara festival.

Data di Inggris menyebutkan sekitar 23.500 ton limbah dihasilkan oleh festival musik setiap tahun. Penelitian menunjukkan bahwa festival besar di Amerika Serikat, seperti Coachella, Stagecoac, dan Desert Trip, menghasilkan sekitar 100 ton limbah padat setiap hari penyelenggaraan itu berlangsung.

"Musisi juga ikut bertanggung jawab tiap kali tampil di festival, minimal ikut menghimbau agar penonton tidak meninggalkan sampah usai acara berlangsung," tutup Andy. (A-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More