Minggu 01 September 2019, 18:55 WIB

84,2 Hektare Tanaman Padi di Sumut Terkena Puso

Puji Santoso | Nusantara
84,2 Hektare Tanaman Padi di Sumut Terkena Puso

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Tanaman padi mengalami puso.

 

SEBANYAK 84,2 hektare tanaman padi di Sumatra Utara terkena puso akibat musim kering yang terjadi sejak awal Januari 2019 silam.

"Pertanaman puso tersebut terjadi di Kabupaten Deliserdang," ujar Marino, Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (PTPH) Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut, Marino, mengatakan hal tersebut menjawab Media Indonesia di Medan, Minggu (1/9).

Meskipun demikian, menurut Marino, puso terhadap 84,2 hektare tanaman padi tersebut tidak sampai mengganggu dan memberikan pengaruh terhadap ketersediaan bahan pangan di Sumut.

"Sampai sekarang tidak ada pengaruhnya. Sebab, puso yang terjadi hanya 84,2 hektare dari penanaman padi seluas 1,2 juta hektare," ujarnya.


Baca juga: Tim SAR Perluas Area Pencarian Korban Tabrakan Kapal di NTT


Hanya saja, Marino mengatakan, gagalnya panen yang dialami petani di Deliserdang itu sudah di-kaver oleh pihak asuransi yakni AUTP (Asuransi Usaha Tani Padi) Jasindo.

"Jika padinya gagal panen akibat bencana alam kekeringan, banjir, atau terkena serangga hama dan penyakit, maka petani dapat mengklaim ke Jasindo dan berhak mendapat pengganti Rp6 juta per hektare," ujarnya.

Marino memastikan lagi bahwa puso tersebut tidak memberikan dampak siginifikan, karena harga beras di Sumut masih normal.

Dia mengharapkan luas tanaman padi tahun ini melebihi tahun lalu, sehingga produksi padi di Sumatera Utara tetap aman di atas 4,6 juta ton per tahun. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Kasus Covid-19 di Jatim, Epidemiolog: Banyak Orang Tanpa Gejala

👤 Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:46 WIB
Otoritas setempat harus mengupayakan penambahan ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19, sebab masih banyak ditemukan kasus positif...
MI/Reza Sunarya

300 ASN di Purwakarta Jalani Swab Test

👤Reza Sunarya 🕔Senin 06 Juli 2020, 14:15 WIB
Pemkab Purwakarta Jawa Barat dan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, melakukan swab test terhadap ratusan ASN di  Dinas...
MI/Arnoldus Dhae

Ratusan Anggota Polres Badung Nobar Live Metro TV

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 06 Juli 2020, 13:15 WIB
Ratusan polisi di Polres Badung menggelar nobar live Metro TV paduan suara virtual Polda Bali dengan tetap menerapkan protokol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya