Minggu 01 September 2019, 11:46 WIB

Kemenpora Berharap Ada Regenerasi Atlet Cabang Angkat Besi

mediaindonesia.com | Olahraga
Kemenpora Berharap Ada Regenerasi Atlet Cabang Angkat Besi

Foto/Kemenpora
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto (kiri) saat upacara penganugerahan medali kepada para peraih medali.

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpra) berharap penyelenggaraan  2nd Indonesia International Weightlifting Championships dapat memberikan pengalaman bertanding bertaraf internasional bagi para atlet angkat besi muda nasional.

"Ada peserta dari negara asing yang hadir, makanya akan memunculkan lingkungan kompetisi yang berbeda jika dibandingkan kalau pesertanya hanya dari dalam negeri," tutur Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga  (Sesmenpora) Gatot S. Dewa Broto saat ditemui di GOR Tri Lomba Juang, Semarang, pada Sabtu (31/8).

Gatot mengatakan kejuaraan yang berkelas internasional ini bisa memberikan pengalaman yang berbeda bagi peserta, baik dari aspek lingkungan kompetisi, kualitas pertandingan, hingga standar yang berbeda.

Selain itu, dengan nomor perlombaan yang sangat bervariasi juga bisa mendorong peserta muda untuk lebih tertarik mendalami cabang olahraga angkat besi hingga ke tingkat junior, senior atau profesional.

Gatot juga menegaskan bahwa regenerasi atlet pada cabang angkat besi olahraga ini yang dinilai dalam tahap yang memprihatinkan. Ia berharap lahir atlet muda berbakat dan berprestasi. 

"Saya sering ditanya pegiat olahraga dari negara-negara di ASEAN, mereka mempertanyakan kenapa kita sangat bagus di tingkat junior atau atlet muda tapi prestasinya kemudian menurun di tingkat senior," ujar Gatot.

Oleh sebab itu, ia berharap kejuaraan dunia angkat besi dari 200 atlet dari dalam negeri dan luar negeri bisa memberi pengalaman dan dorongan pembinaan lifter muda dari daerah.

“Negara punya utang ke dua cabang olahraga, bulu tangkit dan angkat besi. Dua cabang ini telah menyumbang medali di Olimpiade,oleh karenanya perlu perhatian khusus terutama soal regenerasi dan pengalaman bertanding,” ujar Gatot. (OL-09)       

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More