Sabtu 31 Agustus 2019, 19:21 WIB

90 Caleg Terpilih belum Laporkan LHKPN

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
90 Caleg Terpilih belum Laporkan LHKPN

Antara/ Reno Esnir
Ilham Saputra

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) menyebut sebanyak 90 caleg terpilih belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) per 30 Agustus.

Menurut Komisioner KPU Ilham Saputra, pihaknya menunggu partai politik menyerahkan LKHPN tujuh hari setelah penetepan.

"Kita tunggu sampai dengan 7 September. Hari terakhir untuk mengumpulkan (LHKPN) ke KPU baik secara kolektif atau sendiri-sendiri," kata Ilham di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta, Sabtu (31/8).

LHKPN, kata Ilham, merupakan salah satu syarat pelantikan caleg. Jika tidak sampai 7 september tidak menyerahkan, maka KPU tidak memberikan nama caleg tersebut untuk dilantik oleh presiden. Pelantikan legislator sendiri diadakan pada 1 Oktober.

"Sudah 84,35% sudah menyerahkan (caleg DPR) dan untuk DPD sudah menyerahkan 77,2%. Saya berharap ini belum dilaporkan karena memang persoalan administrasi KPK, bukan karena ketidakinginan calon anggota terpilih untuk tidak melaporkam LHKPN," kata Ilham.

Baca juga: Puan Raih Suara Terbanyak di Pileg 2019, Fadli Zon Masuk 10 Besar

"Sekali lagi saya sampaikan jika anda tidak melaporlan LHKPN, maka KPU tidak akan mencantumkan untuk dilantik baik itu DPR maupun DPD," tandasnya.

Disebutkan KPU, PDI-P menjadi partai paling tidak patuh menyerahkan LHKPN dengan persentase 55%. Dari 128 caleg, yang menyerahkan baru 71 orang.

Partai lain yang calegnya belum menyerahkan LHKPN adalah Gerindra. Dari 78 caleg, baru 63 yang menyerahkan LHKPN atau persentase 81%.

Kemudian Demokrat jadi partai ketiga yang calegnya banyak belum menyerahkan LHKPN. Dari 54 caleg demokrat, baru 46 yang menyerahkan atau presentase 85%.

Sisi lain, Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah 100% menyerahkan LHKPN. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari 50 caleg yang sudah menyerahkan LHKPN ada 48 atau persentase 96%.

NasDem dari 59 caleg, yang baru menyerahkan ada 55 atau persentase 93%. Dari Partai Kebangkitan Bangsa dari 58 caleg, baru 54 yang menyerahkan atau persentase 93%. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More