Sabtu 31 Agustus 2019, 14:35 WIB

Kolaborasi dengan TP4P Percepat Pembangunan Bandara Yogyakarta

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Kolaborasi dengan TP4P Percepat Pembangunan Bandara Yogyakarta

Medcom/Fachri Audhia Hafiez.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi diwawancari wartawan.

 

SETELAH mendapat apresiasi Presiden Jokowi tentang kecepatan pembangunan, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa cepatnya pembangunan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) karena terjalinnya kerja sama yang baik antarlembaga. 

Lembaga yang dilibatkan adalah Tim Pengawalan, Pengamanan, Pemerintahan dan Pembangunan Pusat (TP4P) dan TP4D. "Bandara YIA bisa cepat karena kita menggandeng TP4P dan TP4D," kata Menhub, Budi Karya, di Yogyakarta, Jumat (30/8).

Demi transparasi, Kementerian Perhubungan, kata Budi Karya, menggandeng TP4P dan TP4D dalam hal penyelesaian tanah dan proses lainnya. "Termasuk proses tender maupun kontrak, olehkarenanya Bandara YIA bisa cepat selesai," ujar Menhub. 

Diketahui TP4P dan TP4D ini adalah satgas yang dibentuk oleh Kejaksaan Agung untuk melakukan pendampingan bagi pemerintah pusat maupun di daerah dalam melakukan program-program pembangunan. Dengan begitu, penyimpangan dan korupsi bisa dihindari. 

TP4P dan TP4D ini bertugas memberikan pengawalan dan pengamanan kepada pejabat pemerintah terkait akselerasi pembangunan dan program-program strategis pembangunan nasional.  

Sebelumnya Menhub mengatakan Presiden Jokowi sangat apresiasi sekali dengan cepatnya pembangunan Bandara YIA yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

"Presiden gembira, kita bisa membuat bandara yang memiliki kualifikasi bagus dengan kecepatan yang luar biasa, ini bisa menjadi contoh bagi kita untuk membuat bandara-bandara yang lain," ujar mantan Dirut AP II dan Dirut PT Ancol ini. 

Bandara Kulonprogo kata Menhub, bisa menjadi canter distribusi turis ke seluruh Jawa Tengah, khususnya ke Borobudur. Dan Presiden Jokowi ingin tahu angkutan-angkutan apa yang bisa menghubungkan dari bandara itu ke tempat yang lain.

"Kita coba rumuskan, ada jalan tol, ada jalan kereta api, itu akan di matchingkan dengan suatu koneksitas ke tempat ke tempat yang lain," Ujarnya.

Diketahui, Budi Karya melakukan lawatan kerjanya ke Yogyakarta dalam rangka menemani Kunjungan Kerja Presiden Jokowi. Hari pertama Menhub menemani Presiden melakukan pembagian 3.800 sertifikat bagi warga Kabupaten Purworejo dan menonton pagelaran wayang kulit di Alun-alun Kabupaten Purworejo.

Dihari kedua, Menhub juga menemani Presiden bersepada santai di kawasan wisata Candi Borobudur. Dilanjutkan dengan Rapat Terbatas (Ratas). Sebelum kembali ke Jakarta via Bandara Adisucipto, Menhub menyempatkan Sholat Jumat di Masjid Baitulsalam Yogyakarta. (OL-09) 

Baca Juga

DOK MI

Pemkot Cirebon Bergeming Larang Tradisi Pelal dan Panjang Jimat

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 22 September 2020, 17:44 WIB
Pelaksanaan muludan yang setiap tahun diselenggarakan di sejumlah keraton di Kota Cirebon dilarang tidak lain untuk menjaga keselamatan...
MI/Palce Amalo

Pameran HUT Kota Kefamenanu Meriah dengan Protokol Kesehatan

👤Palce Amalo 🕔Selasa 22 September 2020, 17:35 WIB
PAMERAN pembangunan dan pasar rakyat memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kefamenanu, ibu kota Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), puluhan...
Ist

Pacu SDM Pertanian, 80 Rumah Tangga Petani Ikut Pelatihan di NTB

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 September 2020, 17:35 WIB
Kepala BPPSDMP, Kementan Dedi Nursyamsi. mengatakan, untuk membangun pertanian yang pertama-tama harus dilakukan adalah membangun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya