Sabtu 31 Agustus 2019, 08:30 WIB

Xi Jinping Buka Kejuaraan Dunia Bola Basket

Antara | Olahraga
Xi Jinping Buka Kejuaraan Dunia Bola Basket

AFP/HOW HWEE YOUNG
Presiden Tiongkok Xi Jinping membuka Kejuaraan Dunia Bola Basket 2019

PRESIDEN Tiongkok Xi Jinping, Jumat (30/8), secara resmi membuka gelaran Kejuaraan Dunia Bola Basket 2019 yang dilangsungkan di delapan kota di negaranya, 31 Agustus hingga 15 September mendatang.    

Upacara pembukaan digelar di Beijing National Aquatics Centre, yang pada 2008 lalu menjadi salah satu arena Olimpiade.

Acara tersebut dihadiri pula oleh Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden FIBA Horacio Muratore serta penggantinya untuk periode 2019-2023, Hamane Niang, beserta jajaran petinggi FIBA dan peserta Kongres FIBA ke-21.    

Presiden Xi menyatakan Kejuaraan Dunia Bola Basket 2019 resmi dibuka setelah pertunjukan oleh anak-anak yang membawa bendera 32 negara peserta diikuti rangkaian sambutan oleh sejumlah pejabat, termasuk Muratore.    

Baca juga: Gara-Gara Doping, Chandler Diganjar Skorsing 25 Laga

Aktor internasional asal Tiongkok, Jackie Chan, menjadi salah satu penampil dalam upacara yang diwarnai berbagai pertunjukan seni tradisional Tiongkok itu.  

Lantas, legenda bola basket Tiongkok, Yao Ming, yang kini menjabat sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Tiongkok (CBA) membawa trofi Naismith yang bakal diperebutkan oleh para peserta nantinya didampingi delapan anak kecil, mewakili delapan kota penyelenggaraan.   

Pertandingan penyisihan Grup D antara Angola melawan Serbia yang berlangsung di Foshan, Sabtu (31/8) sore, menjadi laga pembuka Kejuaraan Dunia Bola Basket 2019 yang diikuti tujuh pertandingan lain di tiga kota yaitu Beijing, Wuhan, dan Guangzhou.    

Sehari kemudian empat kota lainnya; Shanghai, Nanjing, Shenzhen, dan Dongguan, mulai menyelenggarakan pertandingan pertama. (OL-2)

Baca Juga

AFP/DAN ISTITENE

Tak Berlutut Jelang Start, Ini Pembelaan Leclrec dan Verstappen

👤Widhoroso 🕔Minggu 05 Juli 2020, 23:27 WIB
"Saya tidak akan bertekuk lutut. Tetapi  hal ini tidak berarti bahwa saya kurang berkomitmen dibandingkan yang lain dalam...
AFP

Bottas Kuasai GP Austria

👤Agus Triwibowo 🕔Minggu 05 Juli 2020, 22:45 WIB
PEMBALAP Finlandia Valterri Bottas memenangi GP Austria yang merupakan seri pembuka balap Formula 1 (F1) musim ini, Minggu (5/7)...
AFP

Langgar Batas Kecepatan, Hamilton Disanksi

👤Agus Triwibowo 🕔Minggu 05 Juli 2020, 21:20 WIB
Sanksi itu didapat Hamilton, juara dunia enam kali, karena memacu mobilnya terlalu cepat saat bendera kuning dikibarkan ketika babak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya