Kamis 29 Agustus 2019, 21:45 WIB

Mahasiswa Didorong Salurkan Bakat dan Minat Seni Teater

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Mahasiswa Didorong Salurkan Bakat dan Minat Seni Teater

Ist
Pementasan seni teater oleh mahasiswa Uhamka di Festival Teater Jakarta Selatan 2019.

 

UNIVERSITAS Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) terus mendorong mahasiswa guna mengembangkan bakat dan minat serta mendukung kreativitas yang berkemajuan, agar dapat berprestasi tidak hanya di dunia akademik tetapi juga non-akademik, termasuk dunia seni teater.

Hal itu dikemukakan Wakil Rektor III Uhamka Dr Lelly Qodariah saat memberi semangat dan apresiasi mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Hijrah Uhamka yang telah tampil memukau pada ajang Festival Teater Jakarta Selatan (FTJS) 2019, yang berlangsung di Gedung Pertunjukan Bulungan, Rabu (28/8) malam.

"Melalui teater, mahasiswa kita dapat menyalurkan bakat seninya secara kreatif berkemajuan sehingga mampu meraih prestasi tidak hanya di bidang akademik tetapi juga prestasi non akademik,” kata Dr Lelly Qodariah melalui keterangan tertulis yang diterima hari ini.

Partisipasi Teater Hijrah Uhamka telah rutin digelar setiap tahun oleh Pemerintah Kotamadya Jakarta Selatan. Dalam pentas kali ini, Teater Hijrah membawakan kisah berjudul 'Dendam KutKutbi'.

Ketua Umum Teater Hijrah Uhamka, Zulfanis Hermarini, mengutarakan, pada FTJS kali ini cukup berbeda karena tim tidak dapat memilih naskah secara bebas. Naskah cerita sudah ditentukan oleh penyelenggara dengan maksud agar setiap hari naskah yang dipentaskan tidak memiliki kesamaan cerita.


Baca juga: Tiga Perusahaan Jadi Tersangka Kebakaran Lahan


Proses persiapan pementasan diakui Zulfanis dilakukan selama kurang lebih tujuh bulan. Pada 28 Juli 2019, tim Teater Hijrah menggelar pementasan evaluasi untuk mencari perbaikan dari penyajian pementasan mulai dari artistik, tata rias wajah, kostum, aktor, dan lain-lain.

"Sutradara menjadi penanggung jawab dalam setiap pementasan, untuk kali ini kami menunjuk Novia Rossa Waniza. Ia merupakan alumnus Teater Hijrah yang juga menjadi alumnus Uhamka. Anggota yang terlibat dalam pementasan ini juga gabungan dari beberapa fakultas di Uhamka, yakni FEB, FKIP, FT, FFS, FISIP, FPSI, dan lain-lain," paparnya.

Dia berharap pementasan Teater Hijrah kali ini dapat melanjutkan tradisi prestasi yang selama ini sudah ditorehkan Teater Hijrah pada tahun-tahun sebelumnya.

"Semoga Teater Hijrah tetap menjadi kebanggaan kampus Uhamka. Melalui kegiatan seni pentas teater ini kami dapat berkontribusi mencetak generasi yang kreatif yang mempunyai kemampuan akademik yang baik serta bercita rasa seni budaya yang baik pula," pungkas Zulfanis. (OL-1)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More