Kamis 29 Agustus 2019, 17:46 WIB

Polisi Cekal Tujuh Orang soal Ucapan Rasis Termasuk Tri Susanti

Antara | Nusantara
Polisi Cekal Tujuh Orang soal Ucapan Rasis Termasuk Tri Susanti

Antara
Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan

 

POLDA Jawa Timur mencekal tujuh orang ke luar negeri terkait dugaan kasus ujaran rasialisme terhadap mahasiswa Papua di Asrama Mahasiswa Papua (AMP) Jalan Kalasan Surabaya.    

"Ada tujuh orang yang kami cekal, termasuk seorang tersangka. Pencekalan ini bertujuan untuk kepentingan penyidikan kasus rasialisme tersebut," kata Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan saat merilis kasus itu di Surabaya, Kamis (29/8).    

Satu dari tujuh orang yang dicekal itu adalah kader Gerindra Tri Susanti alias Mak Susi selaku koordinator lapangan (korlap) aksi di Asrama Mahasiswa Papua yang telah dijadikan tersangka penyebaran informasi hoaks, diskriminasi, dan provokasi sehingga terjadi pengerahan massa.

    

Tri Susanti (Dok Antara)

"Enam orang yang dicekal akan kita sampaikan nanti. Yang jelas ini ada bersambungnya," ucapnya.    

Luki mengatakan, ada sejumlah bukti yang dijadikan dasar polisi menetapkan tersangka. Antara lain rekam jejak digital berupa konten video hingga berbagai narasi yang tersebar di media sosial.    

Sebelum penetapan tersangka, penyidik dari Ditreskrimsus Polda Jatim telah melakukan pemeriksaan terhadap 29 orang saksi, masing-masing tujuh saksi ahli dan 22 saksi masyarakat.    

Dalam kasus tersebut, Mak Susi dijerat Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU 19 Tahun 2016, tentang perubahan atas UU 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan/atau Pasal 4 UU 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Rasis dan Etnis dan/atau Pasal 160 KUHP dan/atau Pasal 14 ayat 1 dan/atau ayat 2 dan/atau Pasal 15 KUHP. (X-15)
 

Baca Juga

ANTARA/Adwit B Pramono

Sebulan Gratis, Tarif Tol Manado-Bitung telah Ditetapkan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 02:30 WIB
Tarif tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara akhirnya ditetapkan sebesar Rp1.111 per kilometer setelah selama hampir satu bulan...
MI/Dwi Apriani

Instalasi Lateks Pekat, Muba Maksimalkan Serapan Karet Petani

👤Dwi Apriani 🕔Senin 26 Oktober 2020, 22:00 WIB
"Hari ini kami mewujudkan penggunaan teknologi yang lebih maju dengan pembuatan aspal karet yakni lateks pekat terpravulkanisasi...
MI/Supardji Rasban

Delapan Kecamatan di Brebes Rawan Bencana

👤Supardji Rasban 🕔Senin 26 Oktober 2020, 21:50 WIB
MEMASUKI musim penghujan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, bersama TNI dan Polri menggelar apel antisipasi bencana, di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya