Mawlynnong, Desa Tebersih di Asia

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Jumat, 22 Jan 2016, 06:23 WIB Internasional
Mawlynnong, Desa Tebersih di Asia

AFP/Biju BORO

TANAMAN bunga tumbuh rimbun di tepi jalan setapak Desa Mawlynnong. Sejauh mata memandang, tidak terlihat sedikit pun sampah mengotori jalan-jalan di desa yang berada di pegunungan Negara Bagian Meghalaya itu.

Tempat sampah yang terbuat dari bambu tersedia di setiap sudut jalan di Mawlynnong. Rambu peringatan berukuran besar melarang warga membuang sampah sembarangan.Ditambah lagi, sejumlah relawan menyapu jalan-jalan secara berkala.Bagi desa yang dihuni 500 warga dari Suku Khasi itu, menyampah sangat dilarang dan tidak disukai masyarakat.

“Kami membersihkan lingkungan setiap hari karena kami telah diajarkan nenek moyang kami untuk hidup bersih. Karena, itu baik untuk kesehatan kami,“ kata Baniar Mawroh, seorang remaja yang duduk di pintu masuk rumahnya yang kecil, namun tampak begitu resik.

Selain membuang sampah sembarangan, merusak lingkungan juga hal yang sangat dihindari warga setempat.

Budaya hidup bersih di Mawlynnong sudah diterapkan sejak 130 tahun silam. Saat itu, wabah kolera melanda negara bagian tersebut. Tanpa tim medis dan pengobatan yang memadai, hidup bersih menjadi satu-satunya pilihan bagi warga setempat untuk menghindari wabah itu.

“Seorang pendeta mengatakan kepada nenek moyang kami, `kalian bisa melindungi diri dari kolera dengan menjaga kebersihan, baik badan, makanan, rumah maupun lingkungan,“ ujar Rishot Khongthohrem, warga setempat.

Awalnya, masyarakat Maylinnong melarang wisatawan datang ke wilayah mereka. Baru pada 2003, larangan itu dihapus. Namun, wisatawan yang ingin melihat betapa bersihnya desa terpencil di utara India itu harus rela berjalan kaki karena akses jalan untuk kendaraan tidak ada.

Mawlynnong mulai dikenal dunia setelah seorang jurnalis India berkunjung dan menulis tentang desa itu 12 tahun lalu. Dalam tulisan itu, sang jurnalis menjulukinya sebagai desa terbersih di Asia.

Pujian pun datang dari Perdana Menteri India Narendra Modi.Dia mengajak warga India untuk meniru desa itu.

“Saya kagum ada sebuah desa terpencil yang begitu bersemangat mengusung misi kebersihan selama bertahun-tahun,“ ujar Modi.

Walaupun dipandang sebagai desa terbersih di Asia, kini, Mawlynnong tidak seperti dulu lagi. Sejak membuka diri pada 2003, banyak wisatawan asing mendatangi desa di wilayah pegunungan di Negara Bagian Meghalaya itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, ucap Khongthohrem, pengunjung mencapai 250 orang per hari.

“Kami merasa bising. Kami telah berbicara dengan dewan untuk memberi tahu pemerintah. Kami ingin mereka membangun tempat parkir lebih jauh dari desa,“ imbuhnya.

Deepak Laloo, seorang mantan pejabat Forum Pengembangan Wisata Meghalaya, mengungkapkan kekhawatirannya terkait semakin banyaknya pengunjung yang masuk ke desa tersebut.

“Kini tidak ada lagi privasi,“ ucap Laloo.

Ia menyebutkan pernah melihat seorang perempuan setempat yang sedang mandi dan mencuci pakaian diambil gambarnya oleh wisatawan.Laloo mendesak pemerintah untuk membatasi wisatawan ke desa mereka. (AFP/I-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Sekelompok pendukung calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (9/5), berencana menggelar aksi mendesak KPU untuk mendiskualifikasi pasangan 01 Joko WIdodo-Ma'ruf Amin. Apakah Anda setuju dengan pengerahan massa untuk memaksakan kehendak kepada KPU?





Berita Populer

Read More