Rabu 28 Agustus 2019, 16:39 WIB

Hasil Survei LIPI: 74% Publik Nilai Pemilu 2019 Menyulitkan

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Hasil Survei LIPI: 74% Publik Nilai Pemilu 2019 Menyulitkan

MI/INSI NANTIKA JELITA
Rilis survei LIPI soal Pemilu

 

PUSAT Penelitian Politik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merilis hasil survei mengenai Pemilu Serentak 2019 dan demokrasi di Indonesia. Sebanyak 74% responden mengaku bahwa pemilu serentak 2019 dengan mencoblos lima surat suara lebih menyulitkan bagi pemilih.

"Alih-alih bisa memilih secara rasional kandidat untuk memimpin negara, para pemilih dipusingkan dengan hal-hal teknis karena surat suara yang harus dicoblos terlampau banyak," ujar Peneliti P2P LIPI, Wawan Ichwanudin, saat pemaparan hasil survei di ruang Widya Graha, Gedung LIPI, Jakarta, Rabu (28/8).

Baca juga: 12 Calon Komisioner Komjak Telah Diserahkan ke Menko Polhukam

Kemudian, dari hasil survei tersebut, sebanyak 82% responden setuju bahwa pemilu serentak perlu diubah. Lalu, sebanyak 46,9% responden memilih skema pemilu terpisah antara pemilu legislatif dengan pemilu presiden.

"Hasil lainnya menyebut sebanyak 96% setuju perhatian peserta pemilu dan pemilih banyak ditujukan pada kontestasi pilpres dibandingkan Pileg," jelas Wawan

Hasil survei ini dijadikan sebagai potret hasil pemilu serentak 2019 dan dukungan demokrasi. Menurut LIPI, persepsi dari publik ini sangat penting untuk dijadikan bahan evaluasi bagi pelaksanaan pemilu ke depan.

Survei tokoh mewawancarai akademisi, politisi parpol, jurnalis senior, pengurus asosiasi penguasaha, tokoh agama, budayawan. Sampel survei berjumlah 1.500 responden dengan margin of erorr sebesar 2,53%.

Pengumpulan data survei publik dilakukan melalui wawancara tatap muka di 34 Provinsi. Disebutkan pendanaan survei ini berasal dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). (OL-6)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Presiden Minta Disiplin Sosial Protokol Kesehatan Diperketat

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:25 WIB
Protokol kesehatan akan diberlakukan di semua sektor aktivitas mulai dari pemerintahan, perekonomian hingga keseharian...
Tangkapan layar Youtube Deddy Corbuzier

Soal Siti Fadilah, DitjenPas dan Rutan Pondok Bambu Disebut Lalai

👤Anggitondi Martaon 🕔Rabu 27 Mei 2020, 09:04 WIB
"Tentunya, jika pihak Ditjen Pemasyarakatan mengikuti protokoler pendampingan berobat warga binaan secara ketat, wawancara ini tidak...
MI/Gino F Hadi

Remisi Gayus Tambunan Dinilai Langgar Aturan

👤Emir Chairullah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 08:30 WIB
Salah satu ketentuan penerima remisi harus menjadi justice collaborator...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya