Rabu 28 Agustus 2019, 12:00 WIB

Peru dan Kolombia Usulkan KTT Darurat Amazon

Basuki Eka Purnama | Internasional
Peru dan Kolombia Usulkan KTT Darurat Amazon

AFP/Joao Laet
Asap membumbung dari hutan Amazon di Altamira, Brasil.

 

PERU dan Kolombia, Selasa (27/8), mengusulkan digelarnya KTT darurat Amazon bagi negara di kawasan itu untuk mengoordinasikan strategi untuk memerangi kebakaran yang melanda hutan hujan itu.

Amazon yang dijuluki paru-paru dunia mengalami kebakaran terparah dalam beberapa tahun terakhir sehingga memicu kecaman dari dunia.

Presiden Peru Martin Vizcarra dan Presiden Kolombia Ivan Duque menyerukan digelarnya KTT darurat itu pada 6 September mendatang di Kolombia untuk menyatukan upaya melindungi Amazon.

Hal itu dinyatakan kedua pemimpin negara itu dalam sebuah pernyataan bersama di sebuah pertemuan bilateral di Pucallpa, Peru.

Baca juga: Brasil Tolak Bantuan G-7 untuk Amazon

"Kedua presiden menyadari pentingnya menyatukan kekuatan untuk melindungi kawasan Amazon yang merupakan salah satu ekosistem terpenting di dunia," ujar mereka dalam pernyataan bersama itu.

KTT itu bertujuan membentuk sebuah pakta yang akan melindungi dan mengembangkan Amazon namun tetap melindungi komunitas yang tinggal di dalamnya.

Tidak disebutkan apakah negara lain diundang dalam pertemuan itu. Namun, lokasi pertemuan itu, Leticia, berada di perbatasan antara tiga negara yaitu Kolombia, Peru, dan Brasil.

Pernyataan itu tidak menyinggung Organisasi Kerja Sama Amazon yang berkantor di Brasilia. Organisasi itu terdiri dari delapan negara, termasuk Bolivia, Ekuador, Guyana, Surinam, dan Venzuela. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP

Kepala Polisi Minneapolis Minta Maaf kepada Keluarga George Floyd

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:41 WIB
Kepala Kepolisian Medaria Arradondo mengatakan departemennya telah ikut menyebabkan "harapan memudar" di kota Negara Bagian...
AFP

DPR AS Minta Keterlibatan Polisi pada Kasus Kematian Floyd Diusut

👤Astri Novaria 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:15 WIB
Kematian Floyd, Arbery dan juga Taylor menyita perhatian nasional dan pendukung hak sipil yang mengatakan mereka menjadi insiden yang...
Facebook Mahathir bin Mohamad, @TunDrMahathir,

Dipecat Partai Bersatu, Mahathir Mohammad Melawan

👤Fajar Nugraha 🕔Jumat 29 Mei 2020, 16:11 WIB
"Saya sekarang berada di kantor pusat Partai Bersatu, dan katanya saya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya