Selasa 27 Agustus 2019, 17:06 WIB

Kadin Usulkan Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap dan Biaya Parkir

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Kadin Usulkan Mobil Listrik Bebas Ganjil Genap dan Biaya Parkir

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Menteri Keuangan Sri Mulyani mencoba mobil elektrifikasi Toyota Prius Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dari balik kemudi

 

KETUA Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Rosan P Roeslani mengaku sempat meminta kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar membebaskan kendaraan berbasis listrik dari peraturan ganjil genap. Dia menuturkan, hal ini guna mendorong masyarakat agar tertarik untuk beralih ke kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

"Waktu itu ribut masalah udara yang nggak bagus, saya bilang (ke Anies Baswedan) untuk mendorong electric car, kasih lah insentif kendaraan itu misalnya ganjil genap nggak kena," ujar Rosan dalam forum diskusi di kantornya, Selasa (27/8).

Baca juga: Bamsoet Usul Sebaiknya Pejabat Negara Gunakan Mobil Listrik

Selain itu, Rosan juga menyarankan pembebasan tarif parkir bagi kendaraan berbasis listrik di pusat perbelanjaan, serta mewajibkan pengelola mal untuk menyediakan charging station atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) sehingga dapat digunakan para pengunjung.

"Dengan itu, kelihatannya kecil-kecil tapi cukup merangsang juga, oh iya kalau punya electric car nggak kena ganjil genap, lumayan gitu. Memang musti ada koordinasi dengan pemerintah daerah," jelasnya.

Menurut dia, langkah ini bisa dilakukan terlebih dahulu di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung yang sudah terjangkau listrik.(OL-5)

Baca Juga

Dok pribadi

Airlangga Beberkan Keberhasilan Relaksasi KUR UMKM selama Pandemi

👤RO/Micom 🕔Jumat 03 Juli 2020, 20:22 WIB
14 penyalur KUR fasilitas bantuan yang diberikan oleh pemerintah telah dimanfaatkan cukup signifikan oleh...
Ist

Water Heater Kangaroo Hadir untuk Alternatif Kebutuhan Air Hangat

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:55 WIB
Dengan hadirnya water heater dari Kangaroo diharapkan dapat berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan standar masyarakat...
Ilustrasi/Medcom

Financial Planner : Saat Covid-19 Harus Bijak Rencana Pembiayaan

👤Deri Dahuri 🕔Jumat 03 Juli 2020, 19:36 WIB
Financial planner dari ZAP Finance, Prita Hapsari Ghozie menasihati keluarga muda harus mulai bisa mengesampingkan pengeluaran yang tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya