Selasa 27 Agustus 2019, 12:00 WIB

Morales Dituntut Atasi Kebakaran di Hutan Amazon

Basuki Eka Purnama | Internasional
Morales Dituntut Atasi Kebakaran di Hutan Amazon

AFP/Aizar RALDES
Prajurit Bolivia berjalan di antara sisa-sisa kebakaran hutan di Taman Nasional Otuquis.

 

SENASIB dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Presiden Bolivia Evo Morales juga mendapat tekanan dari kelompok lingkungan untuk segera mengatasi kebakaran di hutan hujan Amazon yang berada di wilayahnya.

Saat kebakaran hutan hujan Amazon di Brasil telah menjadi perhatian dunia, kebakaran di kawasan Bolivia kurang mendapat sorotan selama beberapa bulan terakhir namun telah menghancurkan lebih dari 9.500 kilometer persegi.

Morales, yang dikritik karena kebijakannya yang mendukung penggundulan hutan, memutuskan untuk menghentikan kampanye menjelang pemilu presiden pada Minggu (25/8) untuk memimpin upaya memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di Amazon.

Morales mengatakan, "Saya akan menghentikan kampanye selama sepekan untuk melindungi seluruh wilayah Chiquitania (wilayah hutan di Bolivia) dan seluruh Hutan Amazon di Bolivia."

Baca juga: Kesehatan Warga Brasil Terancam

Bolivia merupakan satu dari sembilan negara Amerika Latin yang wilayahnya terdapat hutan hujan Amazon.

Kelompok lingkungan menyalahkan pemerintah atas kebakaran hutan karena mengeluarkan kebijakan perambahan hutan demi memperluas sektor pertanian negara tersebut.

"Kita membicarakan kebijakan negara yang telah disepakati bersama pengusaha di Bolivia timur untuk memperluas area untuk pertanian, kebun kedelai, kebun tebu, dan wilayah peternakan," ujar Leonardo Tamburini, kepala Center for Legal Studies and Social Research (CEJIS), LSM Bolivia.

Aktivis lingkungan, bulan lalu, mengungkapkan kemarahan mereka setelah pemerintah mengeluarkan aturan yang mengizinkan petani memperluas wilayah mereka dengan membakar lahan secara terkendali antara 5 hingga 20 hektare.

Uskup Bolivia, Senin (26/8), menyebut keputusan pemerintah itu sembrono dan menyerukan agar segera dicabut. (AFP/OL-2)

 

Baca Juga

AFP

Autopsi Sebut Floyd Tewas Dibunuh

👤MI 🕔Rabu 03 Juni 2020, 00:55 WIB
DUA dokter yang melakukan autopsi independen atas kematian George Floyd mengatakan pria tersebut meninggal karena sesak...
AFP

Amerika Latin Kewalahan Tangani Covid-19

👤MI 🕔Rabu 03 Juni 2020, 00:35 WIB
ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) membahas sistem perawatan kesehatan di seluruh Amerika Latin berisiko akibat virus korona...
AFP/Lakruwan Wanniarachchi

Korsel Ingin Uji Coba Pengobatan Covid-19 di Eropa

👤Antara 🕔Rabu 03 Juni 2020, 00:12 WIB
Produsen obat di seluruh dunia sedang berlomba mengembangkan pengobatan untuk penyakit seperti flu yang disebabkan oleh virus korona jenis...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya