Senin 26 Agustus 2019, 03:00 WIB

Djokovic Termotivasi Lewati Rekor Federer

Despian Nurhidayat | Olahraga
Djokovic Termotivasi Lewati Rekor Federer

AFP/Matthew Stockman
Petenis Novak Djokovic

PETENIS nomor satu dunia sekaligus juara bertahan Novak Djokovic menatap kejuaraan grand slam AS Terbuka tahun ini dengan optimisme tinggi. Bintang Serbia itu termotivasi oleh ide untuk melewati rekor Roger Federer sebagai juara tunggal putra grand slam terbanyak sepanjang masa.

AS Terbuka akan mulai bergulir hari ini waktu New York atau besok WIB. Peluang Djoko­vic untuk mempertahankan trofi juara pun terbuka lebar karena dia merasa sedang on fire. Dia tetap akrab dengan gelar kampiun, termasuk ketika menjuarai grand slam Wimblendon, bulan lalu. Ketika itu, lewat pertandingan lima set, Djokovic menaklukkan Federer di final.

Gelar Wimbledon merupakan gelar grand slam ke-16 buat Djokovic. Dia masih terpaut empat gelar dari Federer, tetapi dari sisi usia lebih diuntungkan. Djokovic baru berumur 32 tahun, sedangkan Federer 38 tahun. Di antara keduanya ada Rafael Nadal yang mengoleksi 18 titel grand slam.

Bagi Djokovic, kejuaraan AS Terbuka kali ini ialah kesempatan terbaik untuk mengejar Federer, tentu saja harus disertai bekerja keras.  “Saya sadar itu, pastinya. Maksud saya, saya bagian dari dunia ini. Tentu saja saya tidak bisa sepenuhnya menghilangkan apa yang dibicarakan orang-orang,” tandasnya.

Djokovic mengakui bahwa menyamai rekor bintang tua asal Swiss itu menjadi salah satu ambisi dan tujuannya. “Segalanya agak berbeda juka dibandingkan dengan 10 tahun lalu, tetapi saya tetap merasa muda di dalam dan di luar (lapangan). Saya tetap sangat termotivasi tentang grand slam.”

Tahun lalu Djokovic merengkuh trofi ketiga di AS Terbuka dengan menundukkan Juan Martin del Potro di final. Hari ini, dia bakal mengawali laga dengan menghadapi petenis Spanyol berperingkat 76 dunia, Roberto Carballes Baena. Dia pun menikmati atmosfer Arthur Ashe Stadium yang biasa riuh oleh teriakan para penggemarnya.

“Saya tidak kehilangan terlalu banyak pertandingan sejauh ini. Jadi, saya benar-benar menikmati suasana yang terjadi di sana. Anda hanya menyesuaikan. Anda beradaptasi dengannya. Anda menerimanya. Anda memeluknya,” tutur Djokovic.

Ambisi tinggi juga diapungkan Nadal yang tahun lalu terpaksa mundur pada laga semifinal karena cedera. Kali ini dia hadir di AS Terbuka dengan perasaan dan kondisi lebih baik, apalagi setelah menjuarai turnamen pemanasan di Montreal sekaliguss memperbesar rekor gelar ATP Masters menjadi 35 kali.

“Lutut saya lebih baik pada tahun ini. Tahun lalu masalahnya ialah saat saya bermain tiga atau empat pertandingan yang sangat, sangat panjang. Itu sulit,” kata Nadal.

 

Asa Osaka

Di tunggal putri, kondisi juara bertahan Naomi Osaka semakin membaik setelah sempat didera cedera lutut. Cedera itu memaksanya terhenti di semifinal turnamen Cincinnati.

“Sekarang kian membaik, Untungnya saya seorang yang bisa sembuh dengan cepat. Jadi, saya pikir itu terlihat bagus,” ujar Osaka yang lahir di Jepang, tetapi tinggal di AS sejak berusia 3 tahun itu pada US Open Media Day di Louis Armstrong Stadium, kemarin WIB.

Dia merasa nyaman dalam upaya untuk kembali menjadi yang terbaik setelah banyak belajar dari pengalaman bagaimana menghadapi tekanan sebagai juara bertahan. “Terlepas dari segalanya, saya bermain bagus di sini setiap tahun.” (AFP/X-8) 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More