Senin 26 Agustus 2019, 02:00 WIB

The Reds belum Merasa Maksimal

Cahya Mulyana | Sepak Bola
The Reds belum Merasa Maksimal

APF/Daniel ROLAND
Pelatih Liverpool Juergen Klopp

 

LIVERPOOL berhasil mendapatkan awal musim yang baik setelah membukukan tiga kemenangan berturut-turut. Teranyar, the Reds menundukkan Arsenal dengan skor 3-1 pada Minggu (25/8) atau pekan ketiga Liga Premier. Bagi pelatih Liverpool Juergen Klopp, semua hasil yang didapat belum bisa menyatakan timnya bakal sukses di akhir musim. "Kami masih sangat awal di musim ini," kata dia.

Klopp juga berpendapat masih banyak hal yang harus dibenahi pasukannya. Karena itu, dia akan meminta Mo Salah dkk untuk memanfaatkan jeda yang cukup panjang sebelum berjumpa Burnley, sepekan, untuk bisa beristirahat dan meningkatkan kualitas permainan.

Namun, Klopp mengaku sangat senang dengan pencapaian anak asuhnya di Anfield, terutama dengan Salah yang menyumbangkan dua gol pada menit ke-49 (penalti) dan ke-58. Satu gol lainnya untuk Liverpool dicetak Joel Matip 8 menit sebelum Salah dapat hadiah penalti. "Gol ketiga kami dari Salah benar-benar luar biasa, tetapi dia memang sensasional. Belum lagi identitas kami ialah intensitas dan kami menunjukkannya di laga ini," pungkasnya.

Dari tim tamu, satu-satunya gol tercipta berkat Lucas Torreira di Pascua 5 menit sebelum pertandingan berakhir. Bek anyar Arsenal David Luiz mengatakan lawan main timnya sangat bagus. Sayangnya Arsenal kalah akibat lambat dalam menekan permainan tuan rumah yang langsung memberikan pressure sejak awal laga.

"Liverpool melakukan hal-hal yang luar biasa selama bertahun-tahun, tetapi saya pikir jika kami mencetak gol pertama, itu bisa menjadi pertandingan lain," kata mantan pemain Chelsea itu.

Dari kekalahan itu, Arsenal memperpanjang rekor tidak pernah menang sejak musim lalu saat menghadapi enam tim besar di Liga Inggris. Itu juga jadi kekalahan pertama di musim ini. Sebaliknya bagi Klopp, dia tak pernah kalah dari Arsenal selama menjadi juru taktik Liverpool. 'Meriam London' belum pernah menang dalam tujuh pertemuan sebelumnya.

 

Dipermalukan tim tamu

Selain Arsenal, yang mendapat kekalahan perdana di awal musim ini ialah Manchester United. Mereka gagal meraih poin penuh saat menjamu Crystal Palace di Old Trafford karena tim tamu menang 2-1. Palace sukses mempermalukan United setelah Patrick van Aanholt membuat gol jelang wasit menutup laga. Padahal, beberapa menit sebelumnya, gelandang United Daniel James berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Jordan Ayew pada menit ke-32 sementara waktu membuat Palace unggul.

Walau tampil di hadapan pendukungnya, 'Setan Merah' disebut sang pelatih Ole Gunnar Solskjaer bermain buruk. Dari 22 tembakan, hanya tiga yang mengarah ke gawang. Di sisi lain, Palace memperoleh tiga peluang bagus dari lima kesempatan.

"Kami bermain buruk pada paruh pertama. Dalam setengah jam pertama kami bisa mengendalikan laga dan mungkin sepertinya terlalu mudah. Kami benar-benar tidak memiliki semangat dan urgensi tentang diri sendiri dan mereka (Palace) mencetak gol dengan peluang pertama," ujar Solskjaer.

Akibat kekalahan itu, United kini bertengger di posisi kelima di klasemen sementara dengan raihan empat poin. Liverpool berada di puncak klasemen dengan sembilan poin dan Arsenal tepat di bawah mereka dengan selisih tiga poin. Di posisi ketiga ada Leicester City. (Standard/ESPN/AFP/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More