Minggu 25 Agustus 2019, 22:20 WIB

Pilkada Manggarai 2020, Deno-Madur Bakal Pecah Kongsi

Yohanes Manasye | Nusantara
Pilkada Manggarai 2020, Deno-Madur Bakal Pecah Kongsi

MI/Johannes Manasye
Bupati Manggarai Deno Kamelus

 

PEMILIHAN Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur akan digelar tahun depan. Isu-isu politik lokal semakin jamak terdengar di sela-sela aktivitas warga setempat.

Salah satunya terkait Bupati Deno Kamelus dan Wakil Bupati Viktor Madur atau dikenal dengan Deno-Madur yang dikabarkan bakal pecah kongsi.

Viktor Madur yang juga menjabat Ketua DPD Partai NasDem Manggarai mendapat dukungan kuat dari kader partainya agar tak lagi mendampingi Deno Kamelus yang juga Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Manggarai pada Pilkada 2020 nanti.

Sekretaris DPD NasDem Manggarai Doni Eligius yang dihubungi Media Indonesia pada Minggu (25/8/2019) mengatakan dukungan tersebut disampaikan secara bulat oleh semua DPC dan pengurus DPD pada rapat koordinasi DPD NasDem Kabupaten Manggarai di Ruteng pada Selasa (20/8) lalu.

"Kader Partai NasDem Kabupaten Manggarai merekomendasikan Ketua DPD yaitu pak Viktor Madur maju sebagai Bakal Calon Bupati Manggarai pada Pilkada 2020," ujar Doni.

Baca juga : Kades Tebara Terus Bertekad Ciptakan Lapangan Kerja bagi Warganya

Doni menambahkan, rekomendasi berupa dukungan tersebut telah disampaikan kepada DPW Partai NasDem NTT dalam rapat koordinasi tingkat DPW di Kupang, Sabtu (24/8).

DPW menyambut baik dukungan tersebut. Bahkan DPW menginstruksikan kepada DPD dari sembilan kabupaten yang akan mengikuti Pilkada 2020 untuk mengusung kader terbaik dari internal partai sebagai bakal calon bupati.

"Sebagai kader partai, pak Viktor siap untuk menjalankan instruksi partai termasuk untuk maju sebagai bakal calon bupati. Dan
DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai sangat solid dan konsisten mengusung pak Victor Madur untuk maju menjadi bakal calon bupati pada Pilkada 2020," jelas Doni.

Sementara itu, Viktor Madur belum menanggapi dukungan partai yang menginginkan dirinya untuk maju sebagai bakal calon bupati.

Viktor hanya meminta dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Manggarai agar dirinya tetap sehat dan kuat sehingga bisa bekerja dengan baik membangun Manggarai.

"Saya mohon dukungan, doa dari masyarakat Manggarai. Doakan supaya saya tetap sehat sehingga bisa melayani masyarakat dengan baik," ujarnya.

Berbeda dengan NasDem, Partai Amanat Nasional (PAN) menginginkan agar duet Deno Kamelus dan Viktor Madur terus berlanjut pada Pilkada 2020. Wakil Ketua DPD PAN Manggarai Matias Masir mengatakan PAN mengharapkan agar Viktor masih mendampingi Deno Kamelus untuk periode kedua.

"PAN masih menginginkan DM (Deno-Madur) jilid dua. Masih menginginkan agar pak Kamelus dan pak Viktor masih bersama untuk periode kedua nanti," kata anggota Fraksi PAN DPRD Manggarai itu.

Terkait sikap Partai NasDem yang mengusung Viktor sebagai bakal calon bupati, Matias mengatakan hal tersebut sebagai hak politik yang harus dihargai. Namun pilihan untuk meninggalkan Deno atau masih maju bersama, sangat bergantung pada sikap politik Viktor Madur sendiri.  

"Soal sikap Partai NasDem yang telah menyatakan dukungan agar pak Viktor maju sebagai bakal calon bupati itu sah-sah saja. Itu kan mereka punya hak politik. Kami sangat menghargai itu. Tetapi apakah nanti pak Viktor maju bakal calon bupati atau masih bersama pak Kamelus, semuanya tergantung pada pak Viktor sendiri," ujar Matias.

Matias juga menambahkan, Ketua DPD PAN Manggarai Deno Kamelus belum membicarakan agenda Pilkada 2020 kepada kader partai, termasuk langkah yang diambil jika Viktor Madur resmi maju sebagai calon bupati.

"Sejauh ini Ketua DPD PAN Manggarai belum pernah membicarakan dia akan berpasangan dengan siapa pada Pilkada 2020. Pak Kamelus hanya bilang tunggu saja. Tunggu saja. Kita tidak tahu tunggu saja ini maksudnya bagaimana," ujar Matias. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More