Minggu 25 Agustus 2019, 23:20 WIB

WNI di AS Peringati HUT Indonesia

Media Indonesia | Internasional
WNI di AS Peringati HUT Indonesia

Dok.KBRI Amerika Sserikat
Suasana upacara HUT ke-74 Republik Indonesia di Washington DC.

 

MASYARAKAT Indonesia yang berada di Kota Philadelphia, Amerika Serikat, ikut memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan meriah. Selain agenda utama pengibaran bendera Merah Putih, mereka juga menggelar Pesta Rakyat Komunitas Indonesia.

Bertempat di City Hall Philadelphia, Pennsylvania, momen tersebut juga bertepatan dengan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS. Acara ini dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar, Acting Konsul Jenderal Yohanes Jatmiko, para pejabat pemerintah Philadelphia, dan 150-an anggota masyarakat.

“Merdeka, merdeka, merdeka!” ujar Mahendra dalam sebuah pesan singkat. Dubes mengatakan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang hadir untuk menge­nang dan menghargai pengorbanan pahlawan kemerdekaan. Ia juga mengimbau masyarakat terus memajukan bangsa Indonesia di seluruh dunia, termasuk di Philadelphia.

Menurutnya, peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di Philadelphia memiliki nilai istimewa. Para pendiri bangsa dan negara Indonesia diketahui banyak belajar dari perjuangan kemerdekaan AS. Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat pun dilaksanakan di Philadelphia pada 4 Juli 1776.

Pemerintah Indonesia juga berterima kasih atas kesempatan dan penghargaan yang diberikan oleh Wali Kota Philadelphia dan Gubernur Pennsylvania untuk melakukan peringatan dan pe­ngibaran bendera di balai kota. Ini merupakan yang ketiga bendera Merah Putih dikibarkan di City Hall Philadelphia.

Mahendra juga menyampaikan dukungannya untuk kema­juan 6.000 orang Indonesia yang bermukim di Philadelphia, termasuk dalam pengembangan usaha. Dia mengusulkan pembentukan Divisi Indonesia pada Asian Chamber of Commerce di Philadelphia. Divisi khusus itu diharapkan dapat meningkatkan eksistensi dan kemajuan sekitar 30 pelaku bisnis Indonesia di Philadelphia. (RO/*/X-11)

Baca Juga

Antaranews.com

Jumlah Kasus Covid-19 di Spanyol Tembus 100 Ribu

👤Antara 🕔Rabu 01 April 2020, 18:46 WIB
Warga yang meninggal akibat penyakit tersebut di seluruh negeri bertambah menjadi 9.053 orang sementara pada Selasa jumlah itu tercatat...
AFP/ANGELA WEISS

Virus Covid-19 Ubah Wajah New York

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 01 April 2020, 17:25 WIB
Ruma sakit darurat disiapkan di Central Park New York dan di wisma turnamen tenis AS karena jumlah kematian di As sudah melewati...
Antara/Aswaddy Hamid

Malaysia Lockdown, WNI Buruh Harian Paling Terdampak

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Rabu 01 April 2020, 17:19 WIB
Setelah Malaysia memberlakukan lockdown, WNI yang bekerja sebagai buruh harian dinilai paling...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya