Minggu 25 Agustus 2019, 02:20 WIB

Iksan Skuter Papua Kucinta Bawa Pesan Mendalam

(Medcom.id/H-2) | Weekend
Iksan Skuter  Papua Kucinta Bawa Pesan Mendalam

MI/SUMARYANTO
musikus asal Malang, Muhammad Iksan atau akrab disapa dengan Iksan Skuter

"HITAM kulitku bukan berarti kami dendam denganmu. Di penjuru dunia tanah kami paling kaya. Papua Papua kucinta. Tanah dan tombak bukan untuk menyerangmu. Kami ada sebelum republik ini tercipta. Papua papua kucinta."

Demikianlah sepenggal lirik dari lagu berjudul Papua Kucinta (2015) karya musikus asal Malang, Muhammad Iksan atau akrab disapa dengan Iksan Skuter itu, 35. Lagu itu kembali dirilisnya tahun ini lewat album bertajuk Lumintu.

"Saya harap lagu Papua Kucinta bisa menerangkan bahwa kita itu saudara. Karena liriknya itu soal kesetaraan. Indonesia bukan hanya Jawa, Indonesia bukan hanya Jakarta," katanya, Kamis (22/8).

Iksan Skuter memang dikenal sebagai penyanyi yang lantang menyuarakan isu-isu sosial dan politik. Hampir semua lagu yang diciptakan Iksan membahas isu politik, lingkungan, maupun alam.

Menurutnya, lagu Papua Kucinta itu dibuat hanya dalam waktu seperempat jam oleh Iksan. Iksan pun memiliki kenangan tersendiri saat menyanyikan lagu itu di sebuah acara di Jakarta.

"Saya melihat sejumlah anak Papua menangis. Saya tidak tahu kenapa. Setelah selesai manggung mereka mengucapkan terima kasih karena lagu itu sudah mewakili perasaan mereka. Mereka bilang saya lebih Papua dari mereka yang asli Papua sendiri," imbuh laki-laki kelahiran Blora, Jawa Tengah, itu. (Medcom.id/H-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More