Sabtu 24 Agustus 2019, 14:40 WIB

Penumpang KM Santika yang Terbakar Berhasil Dievakuasi

Mohammad Ghazi | Nusantara
Penumpang KM Santika yang Terbakar Berhasil Dievakuasi

ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Korban KM Santika Nusantara yang terbakar turun dari perahu nelayan yang membawanya di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur

 

PENUMPANG KM Santika Nusantara, yang terbakar di Perairan Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, berhasil dievakuasi.

Data di Posko SAR Masalembu menyebutkan hingga Jumat (23/8) siang, sebanyak 53 orang penumpang sudah dievakuasi ke Surabaya menggunakan dua kapal penumpang yang melintas di lokasi kebakaran, yakni KM Bintang Samudera 1 dan KM Dharma Ferry 7. Sisanya dibawa ke Masalembu untuk perawatan.

Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Masalembu, Taufikurrahman, mengatakan di pelabuhan tersebut telah dibangun posko darurat untuk para korban kapal terbakar.

"Kami sudah siapkan posko yang di dalamnya ada tenaga medis dari Rumah Sakit Masalembu dan Puskesmas terdekat," kata Taufikurrahman.

Sementara ini, belum diperoleh jumlah pasti penumpang KM Santika. Humas Basarnas Surabaya merilis jumlah penumpang kapal tersebut sebanyak 169 termasuk awak kapal.

Baca juga: Basarnas Ternate Sebut 25 Penumpang Kapal Terbakar Selamat

Hingga kini, belum ada informasi korban jiwa. Namun Tim SAR mendatangkan dua Kapal Negara (KN) yakni KN Laksamana milik Basarnas Balikpapan dan KN Cundamani milik KSOP Surabaya.

Menurut kepala anggota Tim SAR Sumenep, Abdul Rahman Riyadi, kapal kedua didatangkan untuk mengantisipasi adanya korban hilang. Tim mendatangkan kapal Basarnas Balikpapan karena jarak dari Pulau Masalembu lebih dekat, hanya membutuhkan waktu sekitar empat jam ke Masalembu.

Sementara dari Surabaya membutuhkan waktu sekitar 15 jam. KM Santika Nusantara tujuan dari Balikpapan ke Surabaya terbakar di Perairan Masalembu atau sebelah utara Pulau Madura, Kamis (22/8) malam.

Selain mengangkut penumpang, kapal tersebut juga mengangkut bahan pokok dan kendaraan bermotor. Pun hingga kini belum diketahui penyebab kebakaran.(OL-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More