Sabtu 24 Agustus 2019, 22:20 WIB

Peraih Beasiswa Gubernur

MI | Weekend
Peraih Beasiswa Gubernur

MI/Ramdani
Vanda Astrid Korisano

ANAK keempat dari lima bersaudara ini merupakan peraih beasiswa yang diadakan Pemerintah Provinsi Papua. Berkat hal itu, dirinya bisa bersekolah aviasi di Selandia Baru selama tiga tahun. 

“Dapat beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua, dari Gubernur Lukas Enem­be, jadi dapat rekomendasi dari kepala sekolah buat ikut seleksi beasiswanya. Seleksinya itu untuk seluruh Kota Jayapura, proses seleksinya lewat wawancara menggunakan bahasa Inggris dan cek nilai rapor, serta selama tiga tahun penuh ditanggung beasiswa,” ungkap perempuan yang juga gemar membaca buku tersebut.

Berkat sekolah aviasinya tersebut, dirinya berhasil menerbangkan pesawat pertama kali (first solo) pada 2015. Keberhasilannya itu membuat mendiang kedua orangtuanya sempat tidak percaya kalau putrinya sudah bisa menerbangkan pesawat.

“Waktu awal-awal bisa membawa pesawat orangtua juga tidak menyangka karena saya menjadi yang pertama dari keluarga,” imbuhnya.
Salah satu sosok inspiratifnya selama ini dalam merintis kariernya ialah Marveys Ayomi, dosennya saat menjalani pendidikan di Selandia Baru. Baginya, sosok itu amat menginspirasi karena berasal dari Papua, berhasil merantau, bahkan hingga bekerja di Selandia Baru.

“Marveys Ayomi, jadi dia itu dosen di Selandia Baru sana dan dia dari Papua. Jadi menurut saya wow sekali. Dia bisa merantau dari SMP sampai sekarang bisa bekerja di Selandia Baru sendiri,” jelas perempuan kelahiran 29 April 1996 tersebut.

Bagi Vanda, nilai-nilai yang ditanamkan di keluarga juga turut berperan penting dalam membangun kepribadiannya saat ini. Dirinya bercerita bahwa sejak kecil sudah ditanamkan dengan nilai-nilai agama, menghormati antarsesama, menghormati yang lebih tua, dan bersopan santun. Selain itu, bekalnya tumbuh di lingkungan yang plural membuatnya menjdi sosok yang berpikiran terbuka dan tidak terlalu mengambil pusing omongan orang lain.

“Saya harap saya juga bisa menginspirasi anak-anak Papua lainnya,” pungkas perempuan yang juga hobi memasak dan menonton drama Korea tersebut. (Riz/M-4)
 

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

AFP/BULENT KILIC

Mengenal Kudapan Lebaran dari Berbagai Penjuru Dunia

👤Fathurrozak 🕔Senin 25 Mei 2020, 11:45 WIB
Boeber adalah minuman susu manis yang dibuat dengan memasak bihun bersama kurma yang biasa diminum masyarakat Afrika...
Instagram/DitaKarang

Dita Karang Tolak Dukungan Materi dari Orang Tua

👤Abdillah Marzuqi 🕔Senin 25 Mei 2020, 09:12 WIB
Saat merintis karier di Seoul, ia memutuskan hidup mandiri tanpa bantuan materi dari...
Unsplash/ Meritt Thomas

Pasca Pandemi, Model Hunian ini Yang Dibutuhkan

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 24 Mei 2020, 15:50 WIB
Sebagai antisipasi ancaman wabah maka hunian membutuhkan sistem ventilasi yang baik dan juga ruang transisi sebelum masuk ke rumah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya