Jumat 23 Agustus 2019, 19:00 WIB

Israel Serang Gudang Senjata Irak

Tesa Oktiana Surbakti | Internasional
Israel Serang Gudang Senjata Irak

(FOTO: (Mahmud Hams / AFP)
Ilustrasi serangan bom yang diluncurkan Israel.

 

PASUKAN Israel menyerang gudang senjata di Irak. Selama beberapa bulan terakhir, Irak dihantui serangkaian ledakan. Terutama di kamp pelatihan dan gudang senjata yang digunakan pasukan paramiliter Hashed al-Shaabi.

Israel berulang kali membom sejumlah target yang dikelola Iran di negara tetangga Suriah. Akan tetapi, perluasan operasi ke wilayah Irak berisiko merusak hubungan Washington dan Baghdad. Negara Yahudi pernah menyerang reaktor nuklir Osirak pada 1981.

Seorang pejabat senior intelijen Timur Tengah menyebut Israel membom sebuah pangkalan di wilayah utara Baghdad pada Juli. Mengacu pernyataan dua pejabat Amerika Serikat (AS), The New York Times melaporkan terjadi sejumlah serangan di Irak dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Indonesia Kecam Penghancuran Rumah Palestina oleh Israel

Wakil Komanda Hashed, Abu Mehdi al-Muhandis, seorang anti-Amerikanisme menyalahkan AS atas beberapa ledakan di wilayah Irak. Pemimpin kelompok militan itu diketahui masuk daftar hitam teror AS. Di lain sisi, pejabat resmi Hashed, Faleh al-Fayyadh, cenderung menunggu hasil investigasi.

"Hasil investigasi awal menyebut insiden tersebut merupakan tindakan eksternal yang direncanakan," ujar al-Fayyadh.

Proses penyelidikan dikatakannya terus berlanjut, sampai pihak yang bertanggung jawab dapat diidentifikasi secara akurat.

"Dengan begitu, kami bisa mengambil langkah yang sesuai," pungkasnya.(AFP/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More