Jumat 23 Agustus 2019, 17:37 WIB

Istana Sebut PPD Pesan 130 Bus Buatan PT. Mobil Anak Bangsa

Dero Iqbal Mahendra | Megapolitan
Istana Sebut PPD Pesan 130 Bus Buatan PT. Mobil Anak Bangsa

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Bus listrik yang beroperasi di Bandara Soekarno Hatta.

 

TUMBUHNYA trend mobil dan bus listrik sebagai kendaraan masa depan yang ramah lingkungan membuat PT Mobil Anak Bangsa kebanjiran pesanan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat ditemui usai Jumatan di Jakarta, Jumat (23/8).

Moeldoko menjelaskan dari banyak pesanan yang mengalir ke PT Mobil Anak Bangsa, salah satunya berasal dari Perum Pengangkut Penumpang Djakarta (PPD) yang memesan hingga 130 unit bus listrik untuk tahun 2020.

"(Sudah) banyak permintaannya, rencananya dari PPD nanti akan pesan 130 unit pada 2020. Terus nanti kita juga akan menyediakan transport untuk penumpang (dalam) kota, seperti angkot, itu sudah kita tangani," tutur Moeldoko.

Ia pun menyebutkan untuk kendaraan angkutan dalam kota tersebut sejumlah kota -kota padat penduduk seperti Bogor, Bekasi, Batu hingga Surabaya memang sudah mempersiapkan diri untuk mengganti angkotnya yang sudah tua.

Moeldoko meneragkan PT Mobil Anak Bangsa sejauh ini perakitannya dikonsentrasikan di wilayah Kudus. Untuk kapaitas produksinya sendiri saat ini untuk bus sekitar 25 unit per bulan.

"Projectsinya sendiri nanti akan dibuat hingga 100 unit per bulan. Modelnya ada yang seperti metro mini, ada bus ada yang ukuran 12 meter, ada yang 8 meter. terus ada lagi yang angkot,"jelas Moeldoko.

Mantan Panglima TNI tersebut menjelaskan saat ini PT Mobil Anak Bangsa saat ini memang sudah berproduksi sambil membenahi sarana dan prasarananya sambil berjalan.

Lebih lanjut Moeldoko mengakui saat ini Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dari PT Mobil Anak Bangsa memang masih 40%. Lantaran saat ini sejumlah komponen utama masih berasal dari luar. Khususnya untuk motor dan baterainya.

Namun ia optimis kedepannya komponen - komponen tersebut akan dapat diproduksi di dalam negeri. Misalnya saja Baterai dalam dua tahun lagi sudah dapat diproduksi di Indonesia, dan untuk motor sedang ada kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi untuk pengembangan motor lokal.

Sebagaimana diketahui Mobil Anak Bangsa merupakan bus listrik yang didesain seperti bus-bus di Eropa. Bus Mobil Anak Bangsa sendiri sebagian sudah mulai beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More