Senin 09 Februari 2015, 00:00 WIB

Jangan Sampai Terbentuk PAN Tandingan

Ant/P-4 | Politik dan Hukum
Jangan Sampai Terbentuk PAN Tandingan

ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

 
Calon Ketua Umum Partai Amanat Nasional yang diprediksi akan bertarung dalam Kongres PAN akhir bulan ini mulai melakukan konsolidasi.

Kedua kandidat kuat, Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan, tengah melakukan konsolidasi di wilayah Indonesia Timur. Hatta memusatkan kegiatannya, kemarin, di Manado Sulawesi Utara. Sementara itu, Zulkifli di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Di Manado, Hatta memberikan apresiasi terhadap para kader dari seluruh Indonesia yang memberikan dukungan kepada dirinya untuk maju lagi sebagai calon Ketua Umum PAN periode 2015-2020.

"Sebelumnya, pengurus DPW dan DPD PAN menyatakan sikap mereka mendukung saya untuk maju lagi sebagai calon Ketua Umum PAN. Deklarasi dukungan itu sudah dilakukan di Jakarta dan Pekanbaru, serta akan dilakukan di Manado," kata kandidat petahana itu.

Kubu Hatta sendiri mengklaim telah mendapat dukungan penuh mayoritas DPW dan DPD PAN se-Sumatra, serta pengurus DPW dan DPD PAN se-Indonesia Timur juga akan mendeklarasikan dukungan mereka kepada Hatta Rajasa.

Sementara itu, Zulkifli Hasan mengaku optimistis akan memenangi pemilihan Ketua Umum PAN. Zulkifli mengklaim DPD dan DPW yang menghadiri acara konsolidasi pemenangan mencapai 165, dari jumlah total mencapai sekitar 230 DPD.

Sementara itu, yang mempunyai hak memilih mencapai sekitar 592 lebih suara. "Kita mengalir aja tidak mengklaim," ungkapnya. Ia menuturkan dirinya ingin melakukan perubahan di dalam tubuh PAN. Selain itu, berharap agar setelah kongres dilaksanakan, tidak terdapat tandingan.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai PAN Amien Rais menyampaikan meski mendukung Zulkifli Hasan, ia berharap proses demokrasi di PAN berjalan lancar. Ia pun berharap pascakongres tidak ada perpecahan dan terbentuk PAN tandingan.

"Sebagai MPP, saya mengatakan demokrasi yang benar itu ialah yang menjual gagasan dan ide. Sambil menggarisbawahi bahwa kompetisi tetap dalam kekeluargaan," kata mantan Ketua MPR tersebut.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More