Jumat 23 Agustus 2019, 13:00 WIB

Gara-Gara Kebakaran Amazon, Menteri Brasil Dicemooh

Fajar Nugraha | Internasional
Gara-Gara Kebakaran Amazon, Menteri Brasil Dicemooh

AFP/Marcos CORREA/Brazilian Presidency
Menteri Lingkungan Brasil Ricardo Salles

 

MENTERI Lingkungan Brasil Ricardo Salles dicemooh saat menghadiri acara pertemuan puncak konvensi iklim.

Video bermunculan ketika Salles diteriaki para demonstran ketika naik podium di Pertemuan Iklim Amerika Latin dan Karibia di Kota Salvador, Brasil. Kebakaran di hutan Amazon telah memicu penolakan terhadap Salles.

Pada Rabu (21/8), Presiden Brasil Jair Bolsonaro menuduh LSM bertanggung jawab atas lonjakan api yang melalap hutan hujan Amazon karena mereka kehilangan uang di bawah pemerintahannya. Tetapi Bolsonaro tidak memberikan bukti untuk klaimnya.

Sementara Salles terbang di atas kobaran api di negara bagian Amazon, Mato Grosso. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa beberapa kebakaran itu "disengaja" dan yang lain "kebetulan".

"Itu lebih kering, lebih hangat, dengan lebih banyak angin, dan ini memungkinkan penyebaran yang lebih besar," kata Salles, menurut surat kabar O Globo, seperti dikutip Guardian, Jumat (23/8).

Baca juga: Bolsonaro Tuding LSM Terkait Amazon

Para analis mengatakan Amazon telah menjadi masalah politik bagi Bolsonaro yang ingin mengembangkan hutan hujan dan telah mengatakan kepada orang asing untuk mengurus bisnis mereka sendiri.

NASA pun merilis foto-foto asap dan kebakaran di beberapa negara bagian Amazon. Lembaga angkas luar Amerika Serikat (AS) itu mengatakan sementara api adalah umum di bulan-bulan musim dingin yang lebih kering ini, “jumlah kebakaran mungkin yang tertinggi”.

Kebakaran meningkat lebih dari 80% sejauh ini dibandingkan dengan tahun lalu, menurut lembaga penelitian luar angkasa Brasil.

Para pemerhati lingkungan menyalahkan serangan Bolsonaro pada lembaga perlindungan lingkungan dan rencana untuk mengembangkan cagar alam asli yang dilindungi karena meradangnya deforestasi.

Surat kabar Folha de Sao Paulo melaporkan, di beberapa daerah, petani berani dengan retorika Bolsonaro yang merencanakan "hari api" untuk membakar padang rumput dan daerah yang digunduli. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

AFP/ANDREW CABALLERO-REYNOLDS

Kunjungi Tiongkok, WHO Diharap Bisa Buka Data Penelitian Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 12 Juli 2020, 16:30 WIB
Ilmuwan di negara lain menyebut Tiongkok belum membuka secara transparan hasil penelitian terkait...
AFP/Jack Guez

Warga Israel Protes Penanganan Covid-19 oleh Pemerintah

👤Haufan Hasyim Salengke 🕔Minggu 12 Juli 2020, 15:48 WIB
Pengangguran di Israel melonjak hingga 21% sejak negara memberlakukan lockdown sebagian pada Maret dan paket bantuan yang dijanjikan oleh...
getty Image/AFP

Mengenang Genosida 8.000 Muslim Bosnia oleh Tentara Serbia

👤Deri Dahuri 🕔Minggu 12 Juli 2020, 15:38 WIB
Saat itu, setelah menguasai wilayah Srebrenica, Bosnia, pasukan militer Serbia menangkap dan membantai secara keji sekitar 8.000 pria dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya