Jumat 23 Agustus 2019, 12:45 WIB

PBB Minta Amazon Dilindungi

Marcheilla Ariesta | Internasional
PBB Minta Amazon Dilindungi

AFP/HO/MATO GROSSO FIREFIGHTERS DEPARTMENT
Seorang petugas pemadam kebakaran Mato Grosso memberi minum pada armadillo di kawasan yang terbakar di dekat Amazon, Brasil.

 

PBB menyerukan perlindungan bagi hutan hujan Amazon. Saat ini, salah satu hutan hujan dunia itu dilanda kebakaran hebat.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan sangat prihatin atas kebakaran Amazon.

"Di tengah krisis iklim global, Amazon harus dilindungi," cicitnya  di Twitter dilansir dari Channel News Asia, Jumat (23/8).

Sementara itu, Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyampaikan hal senada. Dia menuturkan kebakaran hutan Amazon sebagai krisis internasional.

Baca juga: Bolsonaro Tuding LSM Terkait Amazon

Dia juga menyerukan agar negara-negara paling maju di dunia melakukan aksi untuk menyelamatkan hutan ini. Dia meminta mereka berpidato juga di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7, akhir pekan ini.

Angka resmi menunjukkan hampir 73 ribu kebakaran hutan tercatat di Brasil dalam delapan bulan pertama 2019. Ini jumlah tertinggi sejak 2013 dan sebagian besar ada di Amazon.

"Rumah kami terbakar. Amazon merupakan paru-paru planet kita, yang menghasilkan 20% oksigen kita. Dan kini mereka terbakar," kata Macron.

Negara tetangga Brasil, Peru, mengumumkan level 'waspada' untuk kebakaran hutan hujan di Brasil dan Bolivia.

Sementara itu, Paraguay dan Bolivia berjuang melawan kebakaran hutan yang juga telah menghancurkan kawasan hutan hujan mereka yang luas. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More