Kamis 22 Agustus 2019, 20:00 WIB

4 Institusi Raih Penghargaan Inovasi Geospasial

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
4 Institusi Raih Penghargaan Inovasi Geospasial

Dok. Esri Indonesia
Penyerahan penghargaan GeoInnovation

 

AJANG perdana penghargaan penerapan informasi geospasial bertajuk GeoInnovation yang dihelat Esri Indonesia dalam ajang Esri Indonesia User Conference (EIUC) diberikan kepada 4 institusi yang dinilai berhasil dalam penerapan inovasi informasi geospasial dalam operasionalisasi intitusi.

Keempatnya ialah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (KESDM), Pertamina Hulu Energi (PHE), serta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Penghargaan diberikan di sela EIUC di Jakarta, Kamis (22/8).

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Pendiri dan Presiden Esri global Jack Dangermond, CEO Esri Indonesia Istamar, dan Direktur Pelaksana Esro South Asia Leslie Wong.

Istamar mengatakan, penghargaan GeoInnovation menunjukkan bagaimana teknologi geospasial adalah kunci dalam memungkinkan terjadinya transformasi digital, membangun organisasi yang lebih progresif, dan menciptakan komunitas yang lebih aman

"Mereka menguji sejauh mana teknologi geospasial dapat digunakan untuk memecahkan beberapa masalah yang sangat mendesak dan nyata terjadi, yang tidak dapat diselesaikan dengan cara biasa," kata Istamar dalam keterangan tertulis.

“Kepemimpinan mereka yang dapat ditindaklanjuti dan pendekatan mereka untuk berpikir maju terhadap transformasi digital benar-benar luar biasa, dan kami di Esri Indonesia meyakini bahwa upaya mereka akan berkontribusi dalam menginspirasi masyarakat mengenai pola pikir spasial," imbuh Istamar.

Pemprov DKI Jakarta meraih penghargaan GeoInnovation berkat penerapan Jakarta Satu yang merupakan inisiatif dari Komunitas Cerdas pemerintah DKI Jakarta, yang bertujuan untuk memanfaatkan teknologi geospasial guna mengintegrasikan, menganalisis, dan menyebarluaskan data spasial dalam rangka mendukung pembuatan kebijakan publik berbasis data.

 

Baca Juga:  Mensos Tegaskan Komitmen Bangun Data Berkualitas Berbasis NIK

 

Kementerian ESDM meraih penghargaan karena mengembangkan platform Web-GIS yang disebut ESDM One Map Indonesia dengan menggunakan ArcGIS Enterprise yang menawarkan informasi spasial tentang potensi geologis, lapangan kerja, data hulu migas dan infrastruktur daya.

Aplikasi tersebut saat ini mengelola lebih dari 100 lapisan data spasial yang bersumber dari berbagai sektor dalam ESDM, termasuk Minyak dan Gas Bumi, Mineral dan Batubara, Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Listrik, Geologi, dan Penelitian dan Pengembangan.

Penghargaan kepada Pertamina Hulu Energi diberikan karena anak usaha PT. Pertamina itu mengembangkan PHE XD World yang merupakan platform infrastruktur geospasial di mana pengguna PHE dapat mengakses semua informasi yang terkait dengan aset yang mereka butuhkan. Sistem ini dirancang untuk penilaian dan akses yang cepat juga langsung (di bawah permukaan tanah, bagian produksi, fasilitas di permukaan tanah, akuisisi, dll.)

Sedangkan BMKG diganjar penghargaan karena mengembangkan aplikasi Prakiraan Lalu Lintas Cuaca yang inovatif. Aplikasi ini merupakan produk informasi cuaca yang dihasilkan dari sistem NDF (Prakiraan Digital Nasional) yang akan berfungsi sebagai produk darat utama untuk berbagai pulau besar di Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan Kalimantan.

Aplikasi tersebut menjadi bagian dari inisiatif Innovation 4.0 milik BMKG yang melibatkan penggunaan lanjutan GIS untuk memproses data IoT, menggabungkan Big Data Analytics dan Artificial Intelligence.

Di sisi lain, EIUC yang mempertemukan lebih dari 600 profesional dan pemangku kepentingan  merupakan konferensi geospasial terbesar di Indonesia hingga saat ini.

Menurut Istamar, Esri Indonesia bekerja sama dengan organisasi di berbagai industri untuk memelihara komunitas spasial yang tumbuh di negara ini.

Sebelum EIUC diselenggarakan, Esri Indonesia telah menjadi tuan rumah bagi kelompok industri yang dihadiri banyak orang pada kelompok sumber daya alam yang terdiri dari minyak dan gas Bumi, pertambangan dan perkebunan. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More