Kamis 22 Agustus 2019, 23:20 WIB

Robot Rusia Diterbangkan ke Luar Angkasa

Robot Rusia Diterbangkan ke Luar Angkasa

AFP
Robot bernama Fedor buatan Rusia

 

RUSIA kemarin meluncurkan pesawat luar angkasa tanpa awak yang membawa robot humanoid seukuran tubuh manusia. Robot tersebut akan menghabiskan waktu selama 10 hari, untuk membantu para astronaut di Stasiun Antariksa Internasional (ISS).

Robot bernama Fedor, singkatan dari Final Object Demonstration Object Research, itu menjadi robot pertama yang dikirim Rusia. Fedor meluncur dalam pesawat ruang angkasa Soyuz MS-14. Wahana itu melesat dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan. Soyuz dijadwalkan berlabuh ke stasiun ruang angkasa pada Sabtu (24/8).

Fedor yang juga dikenal sebagai Skybot F850 duduk di kursi pilot. Tangan sang robot memegang bendera Rusia berukuran kecil.

"Ayo kita berangkat. Ayo!" bunyi suara robot saat peluncuran, mengulangi frasa terkenal kosmonaut Yuri Gagarin.

Robot antromorfik berwarna perak itu memiliki tinggi 1,80 meter dan berat 160 kilogram. Layaknya manusia, Fedor mempunyai akun Instagram dan Twitter yang mengunggah keahliannya membuka botol air.

Begitu tiba di stasiun ruang angkasa, robot tersebut akan menguji keterampilan manual saat gravitasi rendah. "Fedor menghubungkan dan memutuskan kabel listrik, serta menggunakan peralatan standar seperti obeng," ujar Direktur Badan Antariksa Rusia, Alexander Bloshenko.

"Tahap pertama uji coba dalam penerbangan berjalan sesuai dengan rencana," bunyi laporan sang robot setelah mencapai orbit.

Membantu astronaut

Fedor menyalin gerakan manusia, sebuah keahlian penting yang membantu astronaut dari jarak jauh, atau peneliti di Bumi, untuk melakukan tugas manusia sementara waktu. Pada akhirnya, robot itu akan melakukan operasi berbahaya, seperti penjelajahan antariksa.

Fedor digambarkan berpotensi juga untuk melakukan pekerjaan di lingkungan radiasi tinggi, menghapus ranjau dan misi penyelamatan rumit di Bumi.

Di dalam pesawat luar angkasa, Fedor akan melakukan berbagai tugas dengan diawasi kosmonaut Rusia, Alexander Skvortsov.

Namun, Fedor bukan robot pertama yang menjelajah antariksa. Pada 2011, NASA mengirim Robonaut 2, sebuah robot humanoid. Kemudian pada 2013, Jepang mengirim robot kecil bernama Kirobo ke ISS. (AFP/Tes/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More