Kamis 22 Agustus 2019, 18:38 WIB

Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Anies: Pusat Bisnis tetap Jakarta

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Anies: Pusat Bisnis tetap Jakarta

Antara/ Adnan Nanda
Anies Baswedan

 

PEMINDAHAN ibu kota negara diyakini tidak akan mengurangi hiruk-pikuk Jakarta sebagai kota metropolitan.

Sebab, kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Jakarta bukan hanya sebagai ibu kota, tapi juga pusat perekonomian dan bisnis.  

"Kalau kegiatan perekonomian di Jakarta insyaallah akan jalan terus karena yang sedang dalam proses kan administrasi pemerintahan. Tapi untuk kegiatan perekonomian akan tetap di Jakarta," ujarnya di Gedung DPRD DKI, Kamis (22/8).

Baca juga: Pemerintah Urung Umumkan Ibu Kota Pindah ke Kaltim

Ia menuturkan, menurut Presiden Joko Widodo, lembaga-lembaga yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis tidak serta merta dipindah, seperti Bank Indonesia

"Bahkan arahan dari Pak Presiden memang Bank Indonesia, kemudian lembaga-lembaga pemerintahan yang terkait dengan bisnis dan perekonomian akan tetap di Jakarta," ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi merencanakan pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan. Jakarta dinilai telah terlalu padat untuk dijadikan pusat pemerintahan serta pusat bisnis. Namun, presiden menjamin akan tetap mendukung penyelesaian masalah di Jakarta seperti kemacetan, kesehatan, air bersih, banjir, dan sampah meskipun tidak lagi berlabel ibu kota.(OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More