Kamis 22 Agustus 2019, 18:14 WIB

Pemerintah Urung Umumkan Ibu Kota Pindah ke Kaltim

Nur Aivanni | Ekonomi
Pemerintah Urung Umumkan Ibu Kota Pindah ke Kaltim

Antara/ Afriadi Hikmal
Bambang Brodjonegoro

 

MENTERI PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro masih menutup rapat ke mana provinsi mana ibu kota akan dipindahkan. Ia tidak mau mendahului pengumuman yang akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kita tunggu saja pengumuman dari Presiden," tegas Bambang saat ditemui di Jakarta, Kamis (22/8). Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil mengatakan bahwa ibu kota akan pindah ke Kalimantan Timur.

Baca juga: Sofyan Djalil Sebut Ibu Kota Pindah ke Kaltim

Terlepas dari itu, Bambang menyampaikan bahwa pemerintah akan menyiapkan lahan seluas 6.000 hektare untuk pusat pemerintahan. 3.000 hektare dari lahanyang disiapkan itu akan difokuskan untuk pembangunan gedung. "Dari 6000 pasti ada ruang terbuka untuk infrastruktur jadi ya kira-kira 3.000 hektare lah untuk gedung-gedungnya," jelasnya.

Yang pasti, kata Bambang, ibu kota akan dibangun dekat kota yang sudah fungsional dan siap dalam hal infrastrukturnya mulai dari bandara maupun pelabuhan. "Kota baru dibangun terletak dekat dengan kota yang sudah ada infrastrukturnya gitu. Jadi, dia tanah kosong yang tidak terlalu jauh dari kegiatan kota yang fungsional," ujarnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More