Kamis 22 Agustus 2019, 17:30 WIB

Kemarau Masih Panjang, Anies Ajak Masyarakat Hemat Air

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kemarau Masih Panjang, Anies Ajak Masyarakat Hemat Air

ANTARA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

MUSIM kemarau masih akan melanda wilayah ibu kota. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun meminta berbagai pihak termasuk masyarakat untuk berhemat air.

Menurutnya, kemarau kali ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni sangat minim curah hujan. Selain karena faktor musim, kemarau yang sangat kering juga diakibatkan oleh dampak perubahan iklim.

"Ini tantangan climate change, jadi kita mengalami ini semua. Karena itu di seluruh, tidak hanya Jakarta, saya rasa siapa pun sudah harus lebih hemat dalam penggunaan air," ungkapnya usai menghadiri rapat di Gedung DPRD DKI, Kamis (22/8).

Baca juga:  Masalah Sanitasi Picu Merebaknya Diare saat Kemarau

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memanfaatkan saluran-saluran untuk mengolah air dengan baik sehingga air sisa kegiatan bisa digunakan kembali. Anies akan mengatur lebih jauh untuk pengolahan air agar bisa digunakan kembali ke dalam instruksi gubernur.

"Nanti kalau sudah selesai ingubnya, kita akan umumkan terkait dengan langkah-langkah yang akan dilakukan dengan pemprov untuk mengantisipasi kemarau panjang di wilayah Jakarta," terangnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau masih akan berlangsung paling cepat sampai bulan depan dan paling lambat berakhir pada bulan Oktober.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More