Kamis 22 Agustus 2019, 16:34 WIB

Jokowi: Tindak Tegas Prajurit TNI yang Persekusi Mahasiswa Papua

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Jokowi: Tindak Tegas Prajurit TNI yang Persekusi Mahasiswa Papua

MI/RAMDANI
Presiden Joko Widodo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian

 

PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk menindak tegas jika ada prajurit TNI yang melakukan persekusi dan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya.

Hal itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang menyebut harus ada penegakan hukum terhadap tindakan tersebut.

"Presiden kemarin juga sudah menyampaikan kepada Panglima TNI, kalau memang ada aparatnya yang nyata-nyata melakukan hal seperti itu (rasis), tindak, enggak ada alasan," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (22/8).

Baca juga: Jaksa Agung Serahkan Aset Rampasan Terpidana Pembobol BNI

Moeldoko menyebut tindakan rasisme tidak dibenarkan dan tidak boleh terjadi apalagi dilakukan oleh aparat negara. "Jelas-jelas oknum yang tidak memahami situasi lingkungan yang begitu dinamis," kata Moeldoko.

Presiden, kata Moeldoko, langsung memanggil Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Tito Karnavian dan Menko Polhukam Wiranto setibanya di Jakarta seusai melakukan kunjungan kerja di Nusa Tenggara Timur pada Rabu (21/8/) malam.

"Tadi malam, begitu mendarat (dari NTT) Presiden langsung mengumpulkan Panglima TNI, Kapolri, dan Menko Polhukam untuk membicarakan di antaranya persoalan itu (Papua)," kata Moeldoko. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More