Kamis 22 Agustus 2019, 16:19 WIB

Kemenhub Tunggu Kajian Penurunan Tarif Tiket Pesawat

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Kemenhub Tunggu Kajian Penurunan Tarif Tiket Pesawat

Antara/ Hafidz Mubarak
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku tengah menunggu kajian yang berkaitan dengan struktur biaya penerbangan. Sebelumnya, Kementerian Koordinator Perekonomian menyatakan tengah merumuskan kebijakan baru tarif tiket penerbangan murah (low cost carrier) yang rencananya akan diterbitkan bulan depan.

"Jadi kan kalau yang dilakukan oleh Menko Perekonomian bagaimana tiket itu secara substansial, secara mendasar diselesaikan masalahnya, yakni bagaimana kami mengevaluasi struktur cost," kata Budi Karya Sumadi di Hotel Pullman, Kamis (22/8).

Baca juga: Demi Ibu Kota Baru, AP II Benahi Bandara di Kalimantan

Budi menjelaskan bahwa struktur cost penerbangan berkaitan dengan avtur hingga sewa atau leasing pesawat.

"Kami membahas itu, lima besar dari cost itu harus dimanage dengan baik," tuturnya.

Di sisi lain, sambung Budi, banyak alternatif yang dapat dilakukan untuk menekan biaya bahan bakar seperti menggunakan bioavtur. Selain itu pemerintah akan berusaha mengevaluasi biaya leasing pesawat agar lebih

"Leasing (pesawat) itu diperbandingkan lagi, mana policy yang kemarin itu salah dan mana yang memang benar, sehingga proses penetapan upaya untuk mendapatkan leasing itu seyogyanya dilakukan secra transparan, sehingga harganya dapat yang lebih murah," pungkasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More