Kamis 22 Agustus 2019, 13:58 WIB

Kemenhub Siapkan Konsep Transportasi di Ibu Kota Baru

Atikah Ishmah Winahyu | Ekonomi
Kemenhub Siapkan Konsep Transportasi di Ibu Kota Baru

MI/Arya Manggala
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan internal Kementerian Perhubungan sedang melakukan pendalaman terkait rencana pemindahan ibu kota baru. Dia mengatakan hal ini perlu dilakukan guna menyiapkan rencana konektivitas transportasi ibu kota.

"Kalau kita bicara ibu kota, kita harus membuat rancangan yang ideal bagi suatu ibu kota yang nanti penduduknya menjadi mega city," ujar Budi Karya Sumadi di Hotel Pullman, Kamis (22/8).

Budi melanjutkan nantinya di Ibu Kota baru akan dihadirkan angkutan massal seperti mass rapid transit (MRT), lintas rel terpadu (LRT), hingga bus rapid transit (BRT) meski pembangunannya akan dilakukan secara bertahap untuk memaksimalkan konektivitas.

"Bisa kita rencanakan di sini line-nya tapi kami bangunnya 10 tahun lagi atau 20 tahun lagi, bahkan 30 tahun lagi," tuturnya.

Baca juga:  DPR Tunggu RUU Pemindahan Ibu Kota dari Pemerintah

Selain memikirkan transportasi publik di dalam kota, pihaknya juga tengah memikirkan konektivitas transportasi antara Ibu Kota baru dengan kota lainnya. Mulai dari jalur darat seperti kereta api, jalur udara melalui pengadaan bandara dengan panjang runway minimal 3000 meter agar berbagai jenis pesawat bisa mendarat, serta pelabuhan yang akan mendukung kegiatan kota.

"Jadi kami sudah merancang secara konsep apa yang dilakukan nanti, tinggal diaplikasikan di lokasi-lokasi itu," tukasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More