Kamis 22 Agustus 2019, 13:15 WIB

Tinjau Pembangunan UIII, Wapres Minta Persoalan Lahan Segera Tunt

Dero Iqbal Mahendra | Humaniora
Tinjau Pembangunan UIII, Wapres Minta Persoalan Lahan Segera Tunt

ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) mendengarkan paparan proses pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Depok.

 

WAKIL Presiden Jusuf Kalla, hari ini, Kamis (22/8), meninjau progres pembangunan dari Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertama dari dua rangkaian kunjungan lainnya, yakni ke Kantor Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Masjid Istiqlal.

Dalam kunjungan tersebut, Kalla didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, dan Rektor UIII Jakarta Komaruddin Hidayat.

Wapres berkunjung selama kurang lebih 60 menit saat meninjau tiga lokasi kampus UIII. yakni penataan infrastruktur kawasan, asrama mahasiswa, dan rektorat fakultas serta Plaza 3 pilar.

GM Divisi 1 PT Brantas Abip Raya Mustapa Nahdi menjelaskan sejumlah pembangunan drainase, jalan, dan pagar saat ini meski sudah dimulai namun terdapat sejumlah kendala.

Baca juga: LIPI Anugerahi Penghargaan kepada Dua Pakar Fisika Nuklir UI

"Di sini (menujuk gambar) tidak bisa dikerjakan karena ada masalah pembebasan tanah. Untuk jalan sudah hampir 20% (progres). Bapak bisa liat tower (pemancar RRI) kita baru bisa kerjakan per-spot yang harus dibenarkan. Drainase juga karena permasalahan tower. Namun, sebagian sudah bisa dibongkar dalam waktu dekat," jelas Mustapa di Cisalak, Jawa Barat, Kamis (22/8).

Usai melakukan kunjungan, Jusuf Kalla menilai pembangunan UIII cukup maju meski mengakui masih ada sejumlah kendala.

Akan tetapi, menurut Kalla, kendala tersebut dinilai masih dapat diselesaikan dalam waktu dekat agar dapat selesai dan operasional sesuai target pada tahun depan.

"Lahan yang kita harus kita selesaikan agar mempercepat prosesnya. Itu memang persoalan Gubernur dan Wali Kota, nanti akan segera terbitkan Surat Keputusan (SK) soal penertibannya," tutur Jusuf Kalla.

Sedangkan untuk kendala tower RRI, Wapres menjelaskan hal tersebut sudah ada dalam persetujuan antara Menteri Agama dan RRI untuk segera membuka 18 tower yang sekarang tinggal 5. Nanti akan dikerjakan secara bertahap dan diharapkan pertengahan September sudah selesai. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More