Kamis 22 Agustus 2019, 11:56 WIB

LIPI Anugerahi Penghargaan kepada Dua Pakar Fisika Nuklir UI

Sri Utami | Humaniora
LIPI Anugerahi Penghargaan kepada Dua Pakar Fisika Nuklir UI

MI/Ramdani
Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI) Laksana Tri Handoko.

 

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menganugerahkan LIPI Sarwono Award XVIII kepada dua peneliti Tanah Air yang berkiprah di luar negeri.

Dua peneliti yang diganjar penghargaan tersebut yakni pakar fisika nuklir dan partikel serta Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia Terry Mart dan Irwandi Jaswir yang merupakan pioner penelitian halal science dari Universitas Islam Malaysia.

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko, mengatakan selama lebih dari setengah abad LIPI terus berkontribusi untuk memajukan serta memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Penganugerahaan Sarwono Award, selain untuk memperingati HUT ke-74 RI, juga bagian dari tradisi keilmuan yang konsisten dilaksanakan LIPI," ujar Laksana di Jakarta, Kamis (22/8).

Anugerah Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture menurut Laksana telah berlangsung sejak 2001 dan LIPI Sarwono Award sejak 2002 merupakan salah satu bentuk penghargaan LIPI terhadap prestasi ilmiah dan dedikasi anak bangsa dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia.

“Kegiatan ini juga untuk mengenang jasa dan pengabdian Prof Dr Sarwono Prawirohardjo sebagai Kepala LIPI yang pertama dalam membangun ilmu pengetahuan di Indonesia,” terang Laksana.

Tahun ini penganugerahan mengusung tema 'Pengembangan SDM Iptek Unggul di Era Industri 4.0' merupakan bentuk implementasi pendidikan publik terkait pentingnya peran ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penyiapan sumber daya manusia untuk mendukung visi Indonesia Maju dari Presiden Joko Widodo. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More