Kamis 22 Agustus 2019, 14:15 WIB

Elkeson Berjanji Antar Tiongkok Berlaga di Piala Dunia

Basuki Eka Purnama | Sepak Bola
Elkeson Berjanji Antar Tiongkok Berlaga di Piala Dunia

AFP/STR
Elkeson

 

STRIKER kelahiran Brasil Elkeson mengatakan dia ingin mengantarkan Tiongkok berlaga di Piala Dunia setelah dia menjadi pesepak bola tidak berdarah Tiongkok pertama yang dipanggil ke timnas 'Negeri Tirai Bambu' itu.

Penyerang berusia 30 tahun yang baru saja mendapatkan paspor Tiongkok itu akan mencetak sejarah jika diturunkan Marcello Lippi di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 di markas Maladewa, 10 September mendatang.

Lippi telah lama mengeluhkan minimnya penyerang dan pada Rabu (21/8) menambal lini depan timnas Tiongkok dengan memanggil Elkeson yang akan menggunakan nama Tiongkok Ai Kesen.

Keputusan yang dipandang akan menjadi tren bagi pemain Brasil di Liga Tiongkok telah memecah penggemar sepak bola di negara terpadat dunia itu.

Namum, penyerang Guangzhou Evergrande itu berjanji membungkam para kritik dengan mengirimkan sebuah surat terbuka.

"Mendapatkan kewarganegaraan Tiongkok membuat saya bisa berkontribusi mengantarkan timnas Tiongkok kembali ke Piala Dunia," ungkap Elkeson dalam surat terbuka itu.

Baca juga: Iwan Bule Janjikan Perbaikan dan Kemajuan Sepak Bola Indonesia

"Saya ingin mengatakan kepada dunia, saya secara resmi memulai petualangan baru. Saya adalah warga negara Tiongkok. Saya bertekad membalas semua cinta yang saya terima selama ini. Saya berharap mendapatkan dukungan dari kalian semua," imbuhnya.

Sebelumnya, Tiongkok juga memberikan kewarganegaraan untuk gelandang kelahiran London Nico Yennaris. Berbeda dengan Elkeson, mantan pemain junior Arsenal itu memiliki darah Tiongkok.

Meski sejumlah negara lain, termasuk tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar telah lama menggunakan pemain naturalisasi, Tiongkok tidak melakukannya hingga kini.

Elkeson yang telah mencetak lebih dari 100 gol dalam 150 laga di Liga Super Tiongkok berhak mendapatkan paspor Tiongkok karena telah berada di negara Asia itu sejak 2013.

Tiongkok yang berperingkat 71 dunia baru sekali berlaga di Piala Dunia, yaitu di Piala Dunia 2002. Kala itu, mereka tersingkir tanpa mencetak satu gol pun atau satu poin pun. (AFP/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More