Kamis 22 Agustus 2019, 10:57 WIB

Mahasiswa UI Ciptakan Cangkang Kapsul Berbahan Mikroalga

Indriyani Astuti | Humaniora
Mahasiswa UI Ciptakan Cangkang Kapsul Berbahan Mikroalga

AFP/Frank Fife
Tiga mahasiswa UI membuat cangkang kapsul nabati menggunakan bahan alam yang halal berupa karagenan rumput laut dan Spirulina platensis.

 

TIGA mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan cangkang kapsul nabati menggunakan bahan alam yang halal berupa karagenan rumput laut dan Spirulina platensis agar dapat menunjang ketahanan kapsul supaya tidak mudah rusak.

Ketiga mahasiswa tersebut ialah Putri Ratna Sari (Teknologi Bioproses 2015), Kanya Citta Hani Alifia (Teknologi Bioproses 2015), dan Daffa Ramadhan Aridis (Teknologi Bioproses 2016).

Salah satu peneliti, Putri menuturkan sediaan cangkang obat kapsul yang berbahan gelatin babi yang tidak dapat dikonsumsi oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang muslim. Untuk itu, ia dan tim memformulasikan cangkang kapsul nabati pengganti gelatin berbahan mikroalga Spirulina platensis.

Putri menuturkan pembuatan cangkang kapsul dari karagenan dan spirulina platensis sebagai bahan pengganti gelatin dinilai masih baru di dunia farmasi. Terlebih mikroalga Spirulina platensis tersedia melimpah di perairan Indonesia dan sayang jika tidak dimanfaatkan. 

"Kami menambahkan mikroalga S. platensis untuk menambah kestabilan cangkang kapsul pada asam lambung supaya obat dapat dilepaskan di usus dan tidak mengakibatkan iritasi," ucap Putri melalui siaran pers resmi Humas Universitas Indonesia, di Jakarta, pada Kamis (22/8).

Selain itu, menurutnya Spirulina platensis diketahui mengandung protein dan zat esensial lain sehingga cangkang kapsul bukan hanya sebagai pembungkus obat namun juga dapat berfungsi sebagai suplemen untuk tubuh.

 Dalam pembuatan cangkang kapsul dari Spirulina platensis, formulasi cangkang kapsul dilaksanakan di Laboratorium Bioproses Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan menggunakan alat pencetak kapsul dan bahan-bahan yang mencakup karagenan, gliserol,Spirulina platensis bubuk, dan tiona.

Kadar Spirulina platensis divariasikan untuk mencari formulasi yang menunjukkan hasil uji cangkang kapsul terbaik.

Saat ini, Putri dan tim tengah melombakan hasil penemuan mereka ke dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa dan akan dipresentasikan pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019 yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi RI pada akhir Agustus 2019 di Bali. (OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Rony Muharrman

Hujan Lebat Disertai dan Angin Kencang masih Landa Tanah Air

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 08 April 2020, 08:33 WIB
Humas BMKG Taufan Maulana, mengatakan intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik Utara...
ANTARA/Wahyu Putro A

Prajogo Pangestu Tambah Donasi untuk Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 07:56 WIB
Sampai saat ini, bantuan yang telah diberikan Prajogo Pangestu melalui Barito Pacific Group telah mencapai Rp40...
Ist

Sumbangan Rp10 Miliar untuk Rumah Sakit BUMN Penanganan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 06:17 WIB
Bantuan dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri yang kemudian disalurkan kepada rumah sakit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya