Rabu 21 Agustus 2019, 18:18 WIB

BIN Sebut ada Dalang di Balik Kerusuhan Papua

Golda Eksa | Politik dan Hukum
BIN Sebut ada Dalang di Balik Kerusuhan Papua

Mi/Susanto
Aksi kita cinta Papua di Jakarta

 

BADAN Intelejen Negara (BIN) telah mengantongi identitas pelaku kerusuhan di sejumlah wilayah di Papua akibat tindakan rasisme di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.


"Ya, sudah. Sudah ada pemetaan. Siapa bermain, siapa itu, sudah ada pemetaan. Dan kami antisipisi supaya bisa segera dilakukan peredaan ketegangan," ujar juru bicara BIN Wawan Hari Purwanto ketika dihubungi, Rabu (21/8).

Baca juga: Mahasiswa Papua Tolak Kedatangan Fadli Zon

Menurut dia, gejala-gejala terkait potensi kerusuhan itu sudah tampak. Namun, tetap diperlukan kesabaran dari semua pihak untuk menahan diri, seperti tidak sembarangan mengeluarkan pernyataan maupun tindakan lainnya.

Kasus di Papua diakuinya sangat sensitif. Apalagi jika hal itu menyangkut isu SARA yang bisa cepat menjalar ke wilayah lain. Menurut dia, penanganan peristiwa tersebut memerlukan unsur kehati-hatian. Artinya, jika kondisi masih memanas sebaiknya jangan ikut-ikutan berkomentar.

"Kalau sedang panas berkomentar, pasti komentarnya itu emosional. Kalau sudah emosional itu interpretasi kurang bisa bermacam-macam. Maka cooling down itu penting karena ini sebenarnya, kan kesalahpahaman. Kesalahpahaman memaknai ada satu tindakan."

Wawan menambahkan, BIN juga sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak yang menangani peristiwa tersebut. "Kalau koordinasi memang harus, ya. Karena itu memang tugas dalam berbagai macam kegiatan kami. Apalagi dalam suasana yang sedang on begini kami pasti melakukan koordinasi," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Pascaditangkap KPK, Akun Instagram Edhy Prabowo Menghilang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 26 November 2020, 09:20 WIB
Dalam postingan terakhir Edhy di akun @edhy.prabowo yang dipantau Media Indonesia, terlihat unggahan kegiatan kerja Edhy di Amerika...
ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Ditangkapnya Edhy Prabowo akan Pengaruhi Elektabilitas Gerindra

👤Cindy Ang 🕔Kamis 26 November 2020, 08:03 WIB
"Alasannya, sederhana saja, Edhy Prabowo merupakan anak emasnya Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto....
Dok MI ROMMY PUJIANTO

Politisi NasDem Tuding Rocky Gerung Fitnah Gerindra

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 November 2020, 06:54 WIB
Rocky menyebut Gerindra akan membalas dendam setelah Edhy Prabowo ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka oleh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya