Rabu 21 Agustus 2019, 18:15 WIB

Indonesia Buka Peluang Ekspor Tenaga Pendidik dan Medis ke Afrika

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Indonesia Buka Peluang Ekspor Tenaga Pendidik dan Medis ke Afrika

ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf
Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan

 

INDONESIA siap mengekspor guru dan tenaga kesehatan ke Afrika. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan usai bertemu beberapa delegasi negara-negara Afrika di sela-sela Indonesia Africa Infrastructure Dialogue.

"Saya bertemu beberapa perwakilan negara Afrika dan mereka ingin ada kerja sama di bidang pendidikan dan medis," ujar Luhut di Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8).

Untuk tahap awal, ia meminta negara-negara Afrika yang berminat bekerja sama di sektor pendidikan untuk terlebih dulu mengirimkan sumber daya manusia mereka belajar di Indonesia.

Baca juga:  LPEI Berikan Kredit kepada Pembeli Jasa asal Afrika

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan agar SDM-SDM Afrika memahami kultur pendidikan di Indonesia lebih mendalam.

"Saya tawarkan untuk belajar di universitas-universitas yang ada di Jawa dan Bali," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Urusan Pertumbuhan Senegal Cheikh Kante mengakui bahwa pihaknya tertarik untuk mencontoh sistem pendidikan di Tanah Air.

"Kami tidak hanya butuh kerja sama infrastruktur, tetapi juga SDM. Selama ini saya perhatikan pendidikan di Indonesia sangat baik. Saya sudah kunjungi Kementrian Agama dan Indonesia adalah negara dengan dasar yang kuat pada pendidikan dan agama," ucap Kante.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More