Rabu 21 Agustus 2019, 17:15 WIB

Air Waduk Sempor Kebumen Susut Hingga 96 Persen

Liliek Dharmawan | Nusantara
 Air Waduk Sempor Kebumen Susut Hingga 96 Persen

MI/Liliek Dharmawan
Sejumlah warga terlihat beraktivitas di sekitar Waduk Sempor, Kebumen, Jawa Tengah, yang mengering.

 

KEMARAU panjang kian berdampak pada menyusutnya volume air Waduk Sempor, di Kecamatan Sempor, Kebumen, Jawa Tengah (Jateng). Volume maksimal waduk yang dapat mencapai 36 juta meter kubik (m3) dengan elevasi 72 meter, kini hanya tersisa 1,5 juta m3 dengan elevasi 46,79 meter.

Volume tersebut semakin turun, karena pada pekan pertama Agustus lalu masih 1,7 juta m3.

Kepala Bagian Unit Pengelolaan Bendungan (UPB) Waduk Sempor, Darmaji, mengatakan, menyusutnya air waduk paling parah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Dari volume waduk maksimal yang mencapai 36 juta m3, kini sudah menyusut hingga 96% dan kini tersisa 1,5 juta m3. Susutnya volume waduk tahun ini paling parah kalau dibandingkan dengan beberapa tahun lalu," kata Darmaji kepada Media Indonesia pada Rabu (21/8).

Menurut Darmaji, kondisi puncak kekeringan pada 2018 lalu, air Waduk Sempor masih memiliki volume 5 juta m3 dengan elevasi 51,71 meter.

"Sebab, pada 2018 lalu, masih ada hujan pada saat kemarau. Tetapi saat sekarang sudah lama tidak turun hujan, sehingga volume air semakin menyusut," imbuhnya.

Baca juga:  Volume Air Waduk Sempor Kritis

Dengan volume 1,5 juta m3, maka tidak memungkinkan untuk mengaliri areal persawahan yang biasa mendapat irigasi waduk dengan luas 6.478 hektare (ha).

"Tetapi, air waduk masih tetap dapat digunakan sebagai air baku PDAM Kebumen. Sampai sekarang, kalau untuk air baku PDAM masih lancar," ujarnya.

Menurutnya, waduk akan terisi air kalau hujan turun. Sebab, tidak ada lagi suplai air dari sungai yang biasa mengalir ke Waduk Sempor.(OL-5)

Baca Juga

Dok. DPD RI

Banyuwangi Dinilai Siap Masuk Era Kenormalan Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:25 WIB
Ia memuji kesigapan dan kesiapan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dalam menangani penyebaran pandemi...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

Bandara YIA Kulon Progo Mulai Aktif

👤Antara 🕔Selasa 02 Juni 2020, 23:02 WIB
Maskapai yang melayani penerbangan tersebut yakni Garuda, Citilink, Lion, Sriwijaya Air, dan menyusul penerbangan lainnya seperti...
Dok. Pribadi

Petrus Uropmabin Puji Komitmen Surya Paloh untuk Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 02 Juni 2020, 22:28 WIB
Sosok Surya Paloh bagi orang Papua adalah seorang nasionalis sejati yang melihat Indonesia secara utuh dari Sabang sampai Merauke, dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya