Rabu 21 Agustus 2019, 16:28 WIB

Indonesia akan Segera Tindak Lanjuti Kesepakatan di IAID

 Andhika Prasetyo | Internasional
Indonesia akan Segera Tindak Lanjuti Kesepakatan di IAID

ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Pembukaan Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue 2019 di Bali, Selasa (20/8).

 

PERHELATAN Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) berakhir pada Rabu (21/8). Berbagai penandatangan perjanjian kerja sama telah dilaksanakan dalam kegiatan yang diikuti 53 negara itu. 

Total Nilai yang disepakati pun sangat besar yakni mencapai US$822 juta.

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi tidak ingin kesepakatan yang telah terjalin hanya akan berahir di atas kertas. Ia pun memberi tenggat satu bulan kepada para duta besar di Afrika untuk memetakan langkah-langkah selanjutnya dengan semua mekanisme yang bisa digunakan.

“Saya sudah mengadakan rapat koordinasi dengan semua perwakilan di Afrika. Paling lambat, satu bulan kita sudah harus bisa melangkah lebih jauh sehingga bisa ada program yang lebih konkret lagi,” ujar Retno dalam IAID di Nusa Dua, Bali, Rabu (21/8).

Baca juga: Menlu Buka IAID di Bali

Di luar kesepakatan yang telah ditandatangani, ia juga meminta para duta besar mencari peluang-peluang kerja sama lain dengan negara-negara di Benua Hitam lainnya.

Secara mentah, ia melihat ada banyak proyek yang bisa dibangun seperti infrastruktur jalan, kereta api, tambang bahkan pengembangan pendidikan.

“Kita optimistis bisa kerjakan itu karena kita sudah bisa lakukan itu semua di sini," tandasnya. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More