Kamis 22 Agustus 2019, 07:20 WIB

Pilih Privasi Seusai Pribadimu

Thalatie K Yani | Weekend
Pilih Privasi Seusai Pribadimu

123rf
Sangat penting menjaga akun anda hingga aman dari serangan siber.

Perkembangan teknologi yang cepat bisa menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi, teknologi bisa membantu masyarakat dalam mencari informasi yang bermanfaat, di sisi lain mengancam keamanan dan privasi seseorang.

Bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo), Badan Siber dan Sandi Negara RI (BSSN), Siberkreasi, ID-IGF, IGF Youth, ICT Watch, Kreavi dan Google menyelenggarakan inisiatif #JagaPrivasimu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga keamanan dan privasi ketika berinternet. Salah satu  kegiatan inisiatif ini adalah kompetisi komik yang sudah mulai 14 Juli 2019 dan terpilih 5 pemenang.

“Google percaya semua upaya yang dilakukan harus menghormati pengguna. Beberapa prinsip yang Google junjung dalam menjaga data pengguna agar tetap bersifat personal, aman, dan terlindungi. Salah satunya memudahkan pengguna untuk mengontrol privasi mereka, membuat teknologi keamanan terkuat ke dalam produk kami, dan memberdayakan pengguna untuk mengambil kendali atas keamanan dan privasi berinternet mereka,” ujar Putri Alam, Head of Public Policy Google Indonesia dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia.

Privasi
Mengingat tidak ada solusi yang cocok untuk semua orang. Maka akun Google dibuat dengan kendali data aktif/nonaktif, agar pengguna bisa memilih sendiri privasi yang tepat bagi mereka.

Salah satunya keamanan privasi yang diterapkan ialah fitur Verifikasi 2 Langkah. Fitur ini membantu mencegah siapa pun yang tidak memiliki akses ke akun Anda dengan mewajibkan Anda menggunakan faktor sekunder selain nama pengguna dan sandi untuk login ke akun. Misalnya, kode 6 digit yang dibuat Google Authenticator atau perintah di Google app Anda untuk menyetujui proses login dari perangkat dipercaya.

Di samping itu, guna melindungi pengguna dari ancaman phising, Google membuat fitur Safe Browsing dan Enkripsi HTTPS untuk melindungi pengguna dari situs, aplikasi, dan iklan yang berisiko.

Kendali Keamanan
Google membantu pengguna memilih setelan privasi yang tepat melalui fitur Pemeriksaan Privasi. Dalam beberapa menit, pengguna dapat dengan mudah mengelola data apa saja yang tersimpan di akun dan memperbarui informasi yang dibagikan dengan teman atau orang lain secara publik. Pengguna juga dapat mengubah setelan ini sesering mungkin dan ada pengingat berkala akan setelan ini.

"Kominfo menyambut baik upaya #JagaPrivasimu yang dilakukan oleh Google dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia dalam menjaga keamanan dan privasi ketika berinternet. Ini merupakan inisiatif yang harus terus dipupuk serta akan kami dukung untuk generasi penerus dalam memanfaatkan internet sebaik-baiknya.” ujar Dedy Permadi. Tenaga Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bidang Kebijakan Digital. (M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More