Rabu 21 Agustus 2019, 15:42 WIB

Wiranto: Karhutla 99% karena Ulah Manusia

Golda Eksa | Humaniora
Wiranto: Karhutla 99% karena Ulah Manusia

ANTARA/Renald Ghifari
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, membeberkan 99% kasus kebakaran hutan dan lahan di Indonesia disebabkan ulah manusia. Sementara sisanya, 1% faktor alam.

"Karena itu kita harus lebih fokus pada bagaimana menangani ulah manusia ini, supaya tidak menyebabkan kebakaran hutan dan lahan," ujar Wiranto saat membuka rakorsus tingkat menteri, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (21/8).

Baca juga: Lima Pengelolaan Sampah Dibangun di Daerah Aliran Sungai Citarum

Rapat yang membahas pengendalian karhutla 2019, itu dihadiri Menteri Koordinator PMK Puan Maharani, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Munardo, serta sejumlah pejabat kementerian/lembaga terkait.

Pada kesempatan itu Wiranto meminta agar rapat tersebut lebih fokus pada kesiapan untuk penanggulangan, seperti SDM, infrastruktur yang bisa membantu pencegahan, peralatan, dan sistem yang nantinya diterapkan.

"Kalau belum, hambatannya di mana? Kita koordinasikan di sini. Lalu terakhir, apa yang harus segera kita lakukan agar penanggulangan hutan ini bisa efektif. Maka pada saat kemarau panjang itu, titik api mudah-mudahan nol. Kita eliminasi seminimal mungkin," tandasnya. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA

Kemendikbud Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2020

👤Syarief Oebaidillah 🕔Kamis 26 November 2020, 01:48 WIB
Keterbukaan informasi publik merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses...
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Pemprov Harus Awasi Libur Akhir Tahun

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 26 November 2020, 01:20 WIB
PEMERINTAH Provinsi DKI diminta melakukan sosialisasi terkait protokol kesehatan sebelum libur akhir...
Dok. MI

Vaksinasi, Harapan di Dunia Seni

👤Fathurrozak 🕔Kamis 26 November 2020, 01:05 WIB
Semua keterbatasan di masa pandemi covid-19 memunculkan sisi positif, yakni muncul inovasi pertunjukan musik di ranah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya