Rabu 21 Agustus 2019, 15:19 WIB

Sambangi Jusuf Kalla, Sudirman Said Bahas Energi Terbarukan

Dero Iqbal Mahendra | Humaniora
Sambangi Jusuf Kalla, Sudirman Said Bahas Energi Terbarukan

MI/Rommy Pujianto
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said

 

MANTAN Menteri ESDM, Sudirman Said, siang ini menemui Wakil Presiden, Jusuf Kalla, di Kantor Wakil Presiden di Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Sudirman mengutarakan hanya bersilaturahmi sekaligus membahas terkait renewable energy (energi baru terbarukan).

"Silaturahmi aja tadi, tidak ada sesuatu yang istimewa. Tadi itu kita bicara soal renewable energy, konsern kita karena bagiamana pun kan fosil akan habis," tutur Sudirman, Rabu (21/8).

Baca juga: Ambisi Indonesia Penetrasi Pasar Afrika

Sudirman menjelaskan, saat ini di seluruh dunia tren energi yang berkembang tidak lagi berfokus kepada penggunaan energi fosil yang cenderung merusak lingkungan. Tetapi energi kedepannya mengarah kepada energi yang ramah lingkungan atau green energy.

Oleh sebab itu, ia berharap, kedepannya PLN maupun Kementerian ESDM kembali fokus kepada pembangunan renewable energy. Seperti diketahui, saat Sudirman Said menjadi Menteri ESDM ia memang cukup vokal dalam menyuarakan penggunaan green energy dalam bauran energi nasional.

Terkait hal tersebut, Sudirman juga mengapresiasi perpres mobil listrik yang dikeluarkan pemerintah. Sebab hal tersebut sekaligus mendorong penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan dibandingkan kendaraan yang menggunakan energi fosil.

Penggunaan mobil listrik menurutnya akan memiliki dampak yang baik kepada lingkungan. Ia pun menilai ide inisiasi penggunaan mobil listrik oleh pemerintah dalam bentuk mobil dinas sebagai ide menarik. Oleh sebab itu, sektor industri perlu didorong untuk membangun infrastruktur yang memadai.

"Ya, itu ide yang baik tapi perlu infrastruktur. Jadi sesederhana tempat-tempat charging itu mesti dipersiapkan, jangan sudah dibeli mobil listrik tapi pakai mobil konvensional. Ini perlu dibicarakan dengan industri mobil atau otomatif. Ini sesuatu baik dimulai dan harus dimulai cuma memang perlu kesungguhan konsistensi dari semua pemangku kepentingan," tutur Sudirman.

Baca juga: Kendaraan untuk Touring dapat Diasuransikan dengan Syarat

Sudirman menyebutkan, Indonesia merupakan pasar yang besar dan di sisi lain memiliki berbagai insinyur hebat. Ia optimistis Indonesia mampu untuk mewujudkan hal tersebut.

"Jadi begitu dimulai, itu awal yang baik untuk terus memulai, kalau tidak dimulai. Gunakan perpres itu sebagai titik awal dorong semua pemangku kepentingan," pungkas Sudirman. (OL-6)

Baca Juga

Dok. MI

Titi DJ Melek Teknologi selama Karantina

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 00:50 WIB
IMBAUAN pemerintah untuk di rumah saja demi mencegah penularan virus korona membawa kebaikan bagi musisi Titi DJ,...
MI/M. Irfan

Dian Sastrowardoyo Ajakan Menanam Kebaikan

👤Fathurrozak 🕔Rabu 08 April 2020, 00:10 WIB
KEBERHASILAN Korea Selatan, Singapura, dan Hong Kong menekan laju angka pasien dan korban covid-19 menginspirasi aktris...
Dok. PTGMI

Peringati Hari Gigi & Kesehatan Mulut, PTGMI Edukasi soal korona

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 07 April 2020, 23:17 WIB
Ketua Umum DPP PTGMI Epi Nopiah mengatakan.pada sejumlah tempat kegiatan dibarengi dengan pembagian masker secara gratis sebagai simbol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya