Rabu 21 Agustus 2019, 14:15 WIB

Kendaraan untuk Touring dapat Diasuransikan dengan Syarat

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Kendaraan untuk Touring dapat Diasuransikan dengan Syarat

ANTARA/Fikri Yusuf
Sejumlah pemilik mobil klasik melintas saat mengikuti tur di kawasan Kota Denpasar, Bali

 

KENDARAAN untuk touring baik roda dua maupun roda empat bisa diasuransikan. Tetapi kendaraan tersebut tidak dapat diasuransikan dengan kategori reguler atau biasa. Ada kategori tersendiri bagi kendaraan untuk touring.

Mengacu pada Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) terdapat tiga kriteria kendaraan yang tidak dapat diasuransikan yaitu kendaraan untuk touring, rally, dan balapan.

VP Management, and Service Management Asuransi Astra, L Iwan Pranoto, mengatakan kategori itu memang tidak bisa diasuransikan. Karena dari penggunaan, risikonya berbeda dengan penggunaan secara pribadi. Tetapi untuk touring bisa dilakukan dengan syarat.

Skema reguler tidak bisa digunakan tetapi bisa bekerja sama khusus dengan perusahaan asuransi untuk penggunaannya, bisa diasuransikan satu rombongan touring tergantung kerja samanya.

"Jika touring dari satu kota ke kota lainya, terdapat iringan segala macam itu masih memungkinkan, mengenai jumlah kendaraan dan jarak semua tergantung dengan kesepakatan dengan pihak asuransi," kata Iwan saat dimintai keterangan di Binjai, Sumatra Utara, Rabu (21/8).

Baca juga: LPS Perkuat Kesiapan Pelaksanaan Resolusi Bank

Pihak asuransi pun akan mempertimbangkan keamanan touring jika ingin memberikan asuransi. Pertimbangan itu pula yang menjadi syarat bagi pengendara yang ingin mengajukan asuransi untuk touring.

"Kita akan mempertimbangkan detail mulai dari perlengkapan touring, pengawalan polisi, pengamanannya seperti apa. jadi begitu sudah lengkap maka akan diberikan," ungkapnya.

Namun, untuk kendaraan untuk balapan dan rally tidak dapat diasuransikan karena memiliki risiko yang sangat besar.

"Balapan dan rally sudah pasti enggak karena sangat besar risikonya kalau touring bisa dicover tapi kalo balapan dan rally udah pasti tidak bisa," ujar Iwan. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More