Rabu 21 Agustus 2019, 01:00 WIB

Reza Rahadian Observasi untuk Film Baru

Indriyani Astuti  | Hiburan
Reza Rahadian Observasi untuk Film Baru

MI/Sumaryanto Bronto
Aktor Reza Rahadian

 

AKTOR Reza Rahadian, 32, melakukan riset untuk perannya sebagai dokter bedah dalam film terbarunya Twivortiare produksi MD Pictures untuk menghindari kesalahan adegan dalam proses syuting. "Ya saya bikin observasi kecil-kecilanlah untuk persiapan beberapa scene yang sangat krusial menurut saya. Biar enggak sering salah tiap eksekusi, terutama scene yang menyangkut praktik-praktik berkaitan dengan medis, itu aja," jelas Reza ketika ditemui di gala premier Twivortiare di Jakarta, Senin (19/8).

Selama proses syuting film, Reza mengaku didampingi dokter agar tidak ada adegan operasi yang keliru. "Jadi saya dikasih tahu persis, 'Jangan sampai salah ya Mas Reza'," kata aktor yang memenangi Piala Citra sebagai pemeran pria terbaik dalam Habibie dan Ainun tersebut.

Menurut Reza, memerankan karakter dengan profesi yang nyata jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan tokoh buatan. "Pendekatannya sangat realis. Berani enggak untuk bisa melakukan pendekatan seperti itu? Dan di sinilah diuji seberapa realistis seorang aktor bisa bermain," ujar pria kelahiran 5 Maret 1987 tersebut.

"Kalau sudah ditopang makeup-nya, bisa dibantu apa segala macam, kita sudah diuntungkan duluan karena look-nya aja sudah beda langsung. Kalau yang kayak gini (dokter) jauh lebih sulit untuk dieksekusi," tuturnya.

Selain itu, Reza menuturkan karakter Beno yang dia perankan dalam film ini bertolak belakang dengan kepribadiannya. "Ini sesuatu yang baru. Saya orangnya talkative, ekspresif, saya senang ngobrol. Beno pendiam sekali, kaku. Saya juga berdiskusi dengan Mas Benni Setiawan (sutradara) dan Raihaanun agar mendapat gambaran untuk mengembangkan karakter ini," ujar Reza.

Twivortiare bercerita Beno Wicaksono (Reza Rahadian), dokter bedah supersibuk dan Alexandra Rhea (Raihaanun) bankir sukses, yang memutuskan untuk bercerai. Film ini merupakan adapatasi dari novel laris karya Ika Natassa, Twivortiare.

 

Adu peran

Keterlibatan Raihaanun dalam film Twivortiare merupakan usulan dari Reza kepada produser eksekutif MD Pictures Manoj Punjabi. "Kami sebenarnya punya beberapa calon (aktris), tapi pemilihan Raihaanun itu suporternya di sebelah kiri saya ini (Reza)," ujar Manoj. Ia menambahkan, Raihaanun yang jarang bermain di film komersial, tampak sangat natural memerankan Alexandra.

Reza mengatakan sangat senang dengan keputusan pihak rumah produksi yang mengabulkan permintaannya untuk membawa pemain 27 Steps of May itu. "Saya mengapresiasi (keputusan) Pak Manoj yang berani ambil keputusan itu. Kebayang, kalau lebih banyak produser yang berani ngambil risiko untuk menarik aktris yang biasa main film art house banget. Saya rasa warna film Indonesia akan lebih 'gila' lagi," ujar pemain My Stupid Boss itu.

Beradu peran dengan Raihaanun yang mendapat penghargaan sebagai aktris pilihan tempo dalam Festival Film Tempo 2018 merupakan kesempatan yang luar biasa bagi Reza. Haanun, menurut Reza, memberikan banyak energi positif selama proses syuting.

"Saya bersyukur bisa main sama dia. Saya percaya banyak yang terkesima dengan penampilannya. Saat reading, dia membawa energi keterbukaan. Saya senang dengan artis yang tidak mengkritik karakter orang. Jadi, kami enggak perlu sibuk mengembangankan chemistry. Tapi, kami sibuk membangun scene by scene," ujar aktor yang berperan dalam film Perempuan Berkalung Sorban ini.

Selain Reza dan Raihaanun film ini juga menampilkan Denny Sumargo, Arifin Putra, Dimas Aditya, Citra Kirana, Boris Bokir, Ferry Salim, Aida Nurmala, Lydia Kandaw, dan Roy Marten. (Ant/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More