Selasa 20 Agustus 2019, 18:40 WIB

Rayakan HUT ke-74 RI, Tabanan Bernuansa Nusantara

Arnoldus Dhae | Nusantara
Rayakan HUT ke-74 RI, Tabanan Bernuansa Nusantara

Antara
Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di Tabanan mengenakan busana daerah pada apel HUT ke-74 RI.

 

BUPATI Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti menyebut pentingnya memupuk rasa nasionalisme di kalangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal itu untuk merawat rasa kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

Itu sebabnya Ni Putu Eka Wiryastuti meminta setiap OPD di Lingkungan  Pemkab/Pemkot memakai pakaian khas daerah di seluruh Indonesia pada apel perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Lapangan Alit Saputra, Dangin Carik, Tabanan.  

“Dengan nuansa Nusantara ini kita berharap rasa cinta terhadap Ibu Pertiwi dan rasa nasionalis itu semakin dibangkitkan,” ucap Ni Putu Eka.

Baca juga: HUT RI, Ratusan Pendaki Bakal Upacara di Gunung Arjuno-Welirang

“Dan ini membuat kita bangga menjadi rakyat, menjadi Bangsa Indonesia yang mempunyai banyak, etnis, suku dan budaya, tempat lain kan belum tentu punya. Ini adalah harta karun kita. Pak (Presiden RI) Jokowi pun apel bertemakan nusantara, kenapa kita tidak,” imbuhnya.

Menurut Bupati Eka, mencari dan mengenakan busana daerah itu bukanlah hal yang susah. Yang dibutuhkan hanya kemauan. “Yang penting rasa nasionalisme kita tumbuh. Itu besar sekali manfaatnya untuk kita. Indonesia itu Negara yang kaya raya banget yang punya harta luar biasa, khususnya seni dan budaya yang harus kita cintai. Kalau bukan kita yang mencintai, siapa lagi. Ayo nanti kita momen-momen apa saja kita pakai baju adat nasional.”

Turut hadir pada apel tersebut, Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Tabanan, I Nyoman Arnawa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tabanan, Instansi Vertikal dan BUMD di lingkungan Pemkab Tabanan, Sekda Kabupaten Tabanan, para pejuang kemerdekaan (Veteran), beserta seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.

Terlihat ratusan peserta apel yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat sangat khidmat mengikuti apel. Puncaknya saat pengibaran bendara Merah Putih oleh para Paskibraka yang merupakan siswa-siswi terbaik SMA/SMK baik Negeri maupun Swasta di Kabupaten Tabanan. Tampak dengan berwibawa dan penuh semangat nasionalisme mengibarkan bendera Merah Putih.  (OL/A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More