Selasa 20 Agustus 2019, 17:25 WIB

Relasi Solo-Jogja akan Dilayani Kereta Listrik

Ferdinand | Nusantara
Relasi Solo-Jogja akan Dilayani Kereta Listrik

ANTARA FOTO/M Risyal Hidaya
Seorang bocah mengamati rangkaian kereta rel listrik

 

WARGA Surakarta dan Yogyakarta sebentar lagi bisa menikmati kereta rel listrik. Kementerian Perhubungan menargetkan proyek tersebut sudah bisa dimulai tahun ini.

"Saat ini sudah memasuki persiapan lelang untuk elektrifikasi atau pembangunan listrik aliran atas. Kita rencanakan tahun ini (dimulai) dan tahun depan selesai," kata Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Tengah Bram Hertasning di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (20/8).

Elektrifikasi Solo-Jogja yang akan dibangun, sepanjang 60 kilometer dengan jumlah investasi cukup besar. Hal itu dikarenakan ada sejumlah komponen yang harus diimpor. Namun, Bram tidak bersedia menyebutkan jumlahnya.

"Yang penting manfaatnya lebih banyak untuk masyarakat," imbuhnya.

Baca juga: Bupati Bandung Barat Ogah Keluarkan Izin Pembangunan Kereta Cepat

Kepala PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta Eko Purwanto menambahkan armada kereta yang akan digunakan sudah disiapkan bersama Dirjen Perkeretaapian. Hanya perlu menunggu proses elektrifikasi saja.

"Elektrifikasi selesai, kereta siap dioperasikan dan melayani masyarakat," ungkapnya.(OL-5)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More